TIPS OTOMOTIF : Jangan Pakai Mantel Warna Gelap saat Hujan!

Ilustrasi berkendara saat hujan. (Astra/honda.com)
27 Agustus 2016 13:10 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang berkendara aman ketika cuaca hujan.

Solopos.com, SOLO – Mantel atau jas hujan menjadi “barang wajib” yang selalu dibawa pengendara motor untuk berjaga-jaga jika turun hujan. Tetapi ingat, jangan gunakan jas hujan berwarna gelap. Apa alasannya? Simak tips otomotif berikut ini.

Dikutip Solopos.com dari laman Astra-honda, Jumat (26/8/2016), ketika turun hujan umumnya jarak pandang seseorang akan berkurang. Untuk itu, pengendara motor disarankan memakai jas hujan berwarna cerah supaya tetap terlihat oleh penendara lain.

Tetapi bukan berarti penggunaan jas hujan warna gelap dilarang. Boleh saja menggunakannya asalkan pada bagian punggung serta dada sudah dilengkapi lis scotlight yang dapat menyala apabila tersorot cahaya kendaraan lain.

Alangkah lebih baik apabila jas hujan terdiri dari dua bagian, yakni atasan dan bawahan. Selain lebih memudahkan gerak penggunanya, jas model seperti itu memberi perlindungan lebih baik dari derasnya air hujan.

Selain itu pastikan selama berkendara di bawah guyuran hujan Anda tidak bertelanjang kaki. Sebab ketika tidak memakai sandal atau sepatu, ada potensi terpeleset ketika berpijak ke aspal maupun saat mengoper gigi dan menginjak pedal rem.