MOBIL ESEMKA: Janji Rilis Agustus, Pikap Esemka Belum Tampak Sampai Sekarang

01 September 2016 11:30 WIB Otomotif Share :

Mobil Esemka tidak bisa meluncur tepat waktu.

Solopos.com, SOLO – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) pernah mengatakan akan memulai produksi masal sekaligus meluncurkan satu model baru mobil Esemka dari segmen pikap pada Agustus 2016.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Hosea Sanjaya, Managing Director ACEH pada Mei 2016 lalu. Kala itu Hosea menyebut tanggal itu sengaja dipilih karena hadirnya mobil Esemka dinilai sejalan dengan semangat kemerdekaan Indonesia.

“Kami targetkan di bulan Agustus sudah diperkenalkan kepada publik. Ya kalau bisa bersamaan dengan semangat kemerdekaan,” demikian pernyataan Hosea beberapa bulan lalu sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Rabu (31/8/2016).

Tetapi hingga Agustus 2016 berakhir tidak terlihat adanya tanda-tanda ACEH meluncurkan pikap Esemka yang disebut-sebut hadir dengan pilihan mesin 1.000 cc dan 2.000 cc serta dibanderol dengan harga kompetitif itu.

Pihak ACEH maupun Hosea sendiri juga belum memberikan pernyataan apapun terkait keterlambatan peluncuran tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan pabrik mobil Esemka di Cileungsi, Bogor sudah final dalam kesiapan memproduksi kendaraan.

Begitu pula dengan showroom dan pabrik perakitan di Sambi, Boyolali. Manajer proyek pabrik Esemka dari PT Ghewantika Konstruksi, Budiyanto kepada Solopos.com mengatakan pembangunan sudah sampai pada tahap finishing.

“Saya pastikan dua gedung, yakni assembly hall stage bagian dua dan showroom sudah jadi bulan depan. Sekarang pengerjaan showroom sudah 90 persen dan assembly 75 persen,” papar Budiyanto di Boyolali awal Agustus lalu.