Hypercar Marcedez Benz-Maybach Pakai Mesin F1

05 September 2016 14:43 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Marcedez Benz-Maybach merancang hypercar khusu bermesin F1.

Solopos.com, BERLIN – Mercedes Benz-Maybach sedang menyiapkan hypercar yang menggunakan mesin mobil Formula One (F1) W07 yang digunakan duo pembalap Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Hal tersebut diungkapkan seorang sumber petinggi Mercedes-AMG kepada TopGear saat balapan F1 Belgia. Mercedes Benz akan mengikuti jejak produsen automotif lain. Seperti diketahui, Aston Martin telah menjalin kerjasama dengan Red Bull Racing F1 untuk membuat hypercar AM-RB 001. Unitnya akan hadir pada 2018.

Sementara di segmen hypercar, nantinya mobil Mercy tersebut akan bersaing dengan Ferrari LaFerrari, McLaren P1, dan Porsche 918 Spyder. Diduga, penampilan mobil cepat Mercy ini bakal seperti model konsep Mercedes-AMG Grand Turismo yang pernah ditampilkan beberapa tahun lalu.

Sementara media Inggris, Evo, melaporkan hypercar Mercedes Benz akan menggunakan mesin 1,6 liter turbocharged, V6. Di dalamnya juga ditanam sistem recovery energy. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 1.000 sampai 1.500 hp. Tenaga itu sudah cukup untuk menyaingi hypercar hybrid yang ada saat ini seperti LaFerrari dan Porsche 918 Spyder.

Sementara pesaingnya Aston Martin Red Bull, AM-RB 001, mengusung mesin berkonfigurasi V12 naturally aspirated.

Mobil tersebut menggunakan bodi dari bahan serat karbonmonocoque dan menggunakan pintu gullwing kanopi pada kokpit. Desainnya akan memadukan antara mobil F1 W07 dengan mobil balap yang pernah diikutkan dalam ajang ketahanan LMP1.

Mengimbangi desainnya yang futuristis, mobil tersebut juga akan dilengkapi fitur canggih seperti biomateric driver control system yang sudah digunakan pada mobil konsep Vision Mercedes-Maybach 6.

Teknologi ini sebenarnya sudah dikembangkan oleh Ferrari sejak lima tahun lalu, yakni memungkinkan kendaraan untuk membaca kondisi pengemudi. Lalu sasis dan kontrol elektronik kendaraan akan menyesuaikan mode pengendaraan dengan kondisi pengemudinya.

Jika melihat momentum, tampaknya mobil balap versi jalanan Mercedes Benz itu akan hadir pada 2017 atau bersamaan dengan ulang tahun ke-50 AMG, divisi kendaraan berperforma tinggi Mercy.

 

Tokopedia