MOBIL TOYOTA: Soal Vios CVT, Toyota Belum Bisa Beri Kepastian

09 September 2016 13:10 WIB Otomotif Share :

Toyota Vios terbaru di Indonesia belum tentu bertransmisi CVT.

Solopos.com, JAKARTA – Di situs milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tertulis bahwa mobil Toyota Vios terbaru akan mengusung transmisi CVT. Namun saat dikonfirmasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut data itu belum final.

Head of Media Relation TAM, Dimas Aska menjelaskan data spesifikasi mobil Toyota Vios CVT yang didaftarkan ke Kemenperin statusnya bukan untuk izin produksi massal kemudian dijual, melainkan baru sekadar izin pengujian praproduksi.

“Pendaftaran itu untuk sekadar mengetesnya di jalan. Karena untuk keperluan pengetesan saja kami juga harus mendaftarkan ke Kemenperin,” ungkap Dimas seperti dilansir laman Otordriver, Kamis (8/9/2016).

Kepastian sedan Vios edisi penyegaran (facelift) menggunakan CVT atau justru tetap memakai transmisi matik konvensional seperti sekarang akan ditentukan oleh TAM begitu seluruh tahapan pengujian selesai dilakukan.

“Vios kan sudah diproduksi di dalam negeri, jadi nanti kami dengan mudah menentukan spesifikasi yang diproduksi. Apakah memakai CVT atau tetap seperti sekarang,” imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Solopos.com di laman Tpt-online milik Kemenperin, tertulis bahwa TAM mendaftarkan mobil Toyota Vios dalam empat varian transmisi, yakni G M/T, G CVT A/T, E M/T, dan E CVT A/T. Seluruhnya dibekali mesin yang sama berkapasitas 1.500 cc.

Selain Vios, di laman tersebut juga tertulis nama Toyota Yaris dan Limo–versi taksi dari Vios–dengan spesifikasi serupa. Bedanya, Yaris memiliki enam varian sedangkan Limo hanya dua varian.