Daihatsu Sigra Diprediksi Masuk India dan Diproduksi Toyota

16 September 2016 09:45 WIB Otomotif Share :

Mobil Daihatsu Sigra disebut-sebut cocok untuk pasar India.

Solopos.com, NEW DELHI – Setelah meluncur di Indonesia, mobil Daihatsu Sigra disebut-sebut akan dijual di India. Hal itu terkait rencana ambisius Toyota yang ingin menggusur dominasi Suzuki di bursa mobil India.

Seperti dilansir laman Autocar India, Kamis (15/9/2016), segmen city car mungil berharga terjangkau menjadi yang paling laris di India. Pabrikan yang menguasai segmen itu berarti juga menguasai bursa mobil India dan Maruti Suzuki sukses melakukannya selama satu dekade terakhir.

Sementara Toyota sejauh ini hanya mengandalkan segmen MPV dan SUV namun penjualannya tidak kompetitif. Dalam siaran resminya pada Maret 2016, pabrikan asal Jepang itu beranggapan penjualannya akan membaik apabila Daihatsu juga hadir di India.

Beragam spekulasi bermunculan. Mobil Daihatsu yang disebut-sebut bakal diproduksi di India mengerucut pada model Sigra dan Ayla. Meski begitu, keduanya akan dipasarkan menggunakan emblem Toyota guna mendongkrak volume penjualan.

Penjualan mobil mungil Daihatsu oleh Toyota di India direncanakan awal 2018. Setelah berjalan tiga tahun, barulah Toyota dan Daihatsu akan hadir sebagai pabrikan sendiri-sendiri seperti halnya di Indonesia.

Rencana Toyota memasarkan mobil Daihatsu ke India sebenarnya sudah disiapkan sejak 2006 silam. Namun kala itu Daihatsu menolak dengan beragam alasan. Sedangkan kini Daihatsu tidak bisa lagi menolak lantaran seluruh sahamnya sudah dikuasai oleh Toyota.