BURSA MOBIL : Soal Sentra SR Turbo, Begini Jawaban Nissan Indonesia

Nissan Sentra SR Turbo. (Nissan.ca)
17 September 2016 07:00 WIB Otomotif Share :

Bursa mobil segmen sedan turbo diramaikan Nissan Sentra SR Turbo.

Solopos.com, JAKARTA – Nissan Amerika Serikat resmi meluncurkan Sentra SR Turbo guna menyangi Honda Civic Turbo. Lantas akankan sedan kelas mid-size itu juga dihadirkan ke bursa mobil Indonesia?

Jangan berharap banyak lantaran PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan hal itu tidak akan terjadi. Alasannya karena pangsa pasar sedan di bursa mobil Tanah Air sangat kecil. NMI memilih bermain aman dengan hanya menjual produk yang populer di masyarakat.

“Kami belum ada rencana untuk memasukkan sedan Nissan Sentra SR Turbo. Memang sedari awal sedan bukan menjadi fokus kami di pasar Indonesia karena kami merasa pasarnya masih terbatas. Jadi kami ingin fokus di produk yang lebih menjanjikan seperti MPV, SUV, hatchback,” papar Budi seperti dilansir laman Okezone, Jumat (16/9/2016).

Sebelumnya, mobil Nissan Sentra SR Turbo diluncurkan perdana dalam pameran otomotif Miami International Auto Show 2016 di Florida akhir pekan lalu.

Berbeda dari Sentra reguler yang mengusung mesin 1.800 cc bertenaga 130 hp dengan torsi 174 Nm, pada Sentra SR Turbo mesinnya justru lebih kecil, yakni 1.600 cc. Namun berkat turbocharger, tenaganya bisa mencapai 188 hp dengan torsi 240 Nm.

Di atas kertas, angka-angka tersebut unggul dari Honda Civic Turbo yang tenaga serta torsinya berada di kisaran 173 hp/220 Nm dan dihasilkan dari mesin 1.500 cc turbocharger.

Di bursa mobil Indonesia, nama Nissan Sentra sebenarnya sudah tidak asing lagi. Sedan yang pernah dijual secara berdampingan dengan Nissan Sunny dan Cefiro itu cukup populer pada era 1980-an hingga awal 2000-an.