SERBA LIMA : Inilah 5 Mobil Paling Irit BBM

Toyota Sienta. (Toyota.astra.co.id)
18 September 2016 06:10 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Serba lima kali ini menghadirkan mobil paling irit BBM.

Solopos.com, SOLO – Mobil yang irit atau efisien bahan bakar menjadi idaman konsumen. Hal ini yang lantas menjadi pertimbangan produsen automotif untuk merangcang mobil yang efisien.

Di tahun ini beberapa agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia meluncurkan produk-produk baru. Di segmen SUV, Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan all new Fortuner, demikian pula dengan Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang meluncurkan all new Pajero Sport. Lalu, berikutnya beberapa model baru kembali muncul seperti Toyota Sienta, Honda Civic Turbo, Daihatsu Sigra-Toyota Calya, dan lainnya.

Dihimpun Solopos.com dari ulasan Okezone, Sabtu (17/9/2016), inilah mobil paling irit bahan bakar;

Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun Go+ Panca

Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi mengembangkan kendaraan low cost green car (LCGC). Mobil kendaraan jenis MPV ini, memiliki konsumsi bahan bakar 20 km/l. Konsumsi tersebut sesuai dengan regulasi konsumsi bahan bakar yang ditetapkan pemerintah untuk produk LCGC. Saat menguji Toyota Calya tipe G transmisi otomatis dari Semarang menuju Solo, didapat perbandingan konsumsi bahan bakarnya mencapai 19 km/liter.

Catatannya, saat itu mobil dinaiki oleh empat orang beserta barang. Sementara itu penantangnya Datsun Go+ Panca memiliki konsumsi bahan bakar 22 km/liter dalam kondisi mobil hanya dinaiki satu orang. Seperti diketahui saat ini Datsun hanya menyediakan GO+ Panca bertransmisi manual.

Honda Civic Turbo dan Toyota Corolla Altis

Generasi terbaru Honda Civic Turbo bertampang sangar. Untuk generasi terbarunya, Honda Civic Turbo dipasarkan di Indonesia dalam pilihan mesin lebih kecil, yakni berkapasitas 1,5 liter plus perangkat pendongkrak tenaga turbo. Honda mengklaim Civic turbo lebih efisien 30 persen dari model Civic lama yang dipasarkan dengan mesin 1,8 liter. Berdasarkan test drive yang mengambil rute Jakarta-Bandung, Honda Civic Turbo memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar 20-21 km/liter di jalan yang kosong. Mobil dilajukan dengan mengaktifkan Econ Mode dan dilajukan dalam kecepatan 60 km/jam secara statis

Pesaing terdekat Civic turbo, yakni Toyota Corolla Altis, masih menggunakan mesin 1,8 liter. Dari beberapa sumber yang pernah melakukan uji konsumsi bahan bakarnya, Toyota Corolla Altis memiliki konsumsi bahan bakar 18 km/liter saat digunakan di luar kota.

Suzuki S-Cross

Suzuki S-Cross yang dijual di Indonesia dibekali mesin berkapasitas 1.491 cc VVT DOHC. Sebelum resmi dipasarkan, pihak internal PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat melakukan pengujian bahan bakar minyak (BBM) secara internal. Konsumsi bahan bakar model S-Cross mencapai 14,8 km/liter, hasil tersebut bukan hasil pengujian di jalan raya.

Toyota Sienta dan Honda Freed

Produk Small MPV Toyota Sienta yang diluncurkan pada April di Tanah Air menjadi penantang Honda Freed yang sudah hampir sembilan tahun menguasai pasar MPV kotak model pintu geser. Keduanya dibekali mesin kapasitas sama yakni 1,5 liter. Meski kapasitas sama, konsumsi bahan bakar Toyota Sienta lebih irit mencapai 11 km/liter sedangkan Freed 10 km/liter untuk pengujian di dalam kota.

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Model SUV terbaru Toyota Fortuner dibekali mesin diesel 2,4 literNew Super GD Engine VNT Turbo dan bensin 2,7 liter New Dual VVT-i. Toyota menyebut kedua mesin baru yang digunakan Fortuner lebih irit 10 persen dibanding versi lamanya. Konsumsi bahan bakar Fortuner lama mencapai 6 km/liter untuk mesin bensin sementara mesin diesel 11 km/liter. Dengan begitu, all new Fortuner bermesin bensin memiliki konsumsi bahan bakar 6,6 km/liter.

Sedangkan Mitsubishi all new Pajero Sport yang memiliki berat kosong antara 1.930-2.030 kg menggunakan dua pilihan mesin berkapasitas 2,4 dan 2,5 liter, yakni 4N15 2.4 MIVEC dan 4D56 2.5 DI Commonrail. Tenaga yang dihasilkan 136-181 ps dengan torsi 324-430 nm. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 9 km/liter.

Tokopedia