TIPS OTOMOTIF : Pintu Mobil Berat dan Berdecit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi membuka pintu mobil. (Pactowing.com)
19 September 2016 18:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif membahas pintu mobil yang terasa berat dan berdecit.

Solopos.com, CIKARANG – Apakah pintu mobil Anda terasa berat dan berdecit ketika dibuka maupun ditutup? Bisa jadi itu dikarenakan kesalahan selama proses mencuci mobil. Simak tips otomotif berikut ini untuk penjelasan lebih jelasnya.

Kepala Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana menjelaskan pintu mobil terasa berat ketika dibuka-tutup menandakan engselnya berkarat. Karat tersebut umumnya muncul akibat air hujan atau air cuci mobil yang mengendap.

“Kendaraan kerap kali dicuci baik dengan air tekanan rendah ataupun cuci steam. Saat pengeringan yang dilap hanya bagian luar yang terjangkau oleh lap. Sedangkan engsel pintu dan frame door outside tidak pernah dijangkau oleh lap maupun dikeringkan,” papar Indah dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Senin (19/9/2016).

Indah memberi tips supaya pemilik mobil selalu mengelap dan mengeringkan engsel mobil setelah dicuci. Apabila mobil dicuci di tempat pencucian, jangan sungkan untuk mengingatkan petugasnya untuk melakukan hal tersebut.

“Selain itu kedua part [engsel dan frame door outside] tersebut harus rutin diberi pelumas secara berkala agar saat dibuka dan ditutup pintu tidak berat dan berbunyi,” imbuhnya.

 

Tokopedia