Skor Uji Tabrak Honda Mobilio Kurang Memuaskan

Uji tabrak Honda Mobilio (globalncap.org)
21 September 2016 07:00 WIB Otomotif Share :

Mobil Honda Mobilio mendapat skor kurang memuaskan saat diuji tabrak.

Solopos.com, SOLO – Badah penguji fitur keselamatan pada mobil, Global New Car Assesment Program (NCAP) telah merilis hasil uji tabrak yang dilakukan terhadap MPV Honda Mobilio.

Ada dua mobil Honda Mobilio yang diuji tabrak, seluruhnya adalah buatan India. Pertama adalah varian standar yang tidak dilengkapi fitur keselamatan apapun kecuali sabuk pengaman. Skornya sangat mengecewakan, yakni hanya nol bintang.

Sementara varian kedua adalah Honda Mobilio dengan fitur dual airbag untuk sopir dan penumpang kursi depan. Skor yang dihasilkan membaik menjadi tiga bintang.

Skor itu sebenarnya bisa menjadi empat bintang asalkan bangku belakang juga diberi fitur keselamatan, sayangnya Honda tidak melakukannya. Menurut Global NCAP skor itu masih belum memuaskan untuk ukuran sebuah mobil keluarga.

“Seharusnya Honda bisa memberikan fitur keselamatan lebih baik dari ini,” ungkap David Ward, Secretari General Global NCAP seperti dikutip Solopos.com dari laman Globancap.org, Selasa (20/9/2016).

Lantas, bagaimana dengan rivalnya? Di Indonesia, Mobilio bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Ketiganya telah menjalani uji tabrak dan mendapat skor empat bintang.

Tetapi perlu dicatat, pengujian terhadap tiga mobil tersebut dilakukan oleh ASEAN NCAP di Kuala Lumpur, Malaysia yang dalam tataran internasional tingkatnya lebih rendah dari Global NCAP serta memiliki standar pengujian berbeda.

Untuk mendapat hasil yang seimbang, mobil Honda Mobilio buatan Indonesia juga harus diuji oleh ASEAN NCAP atau sebaliknya, Avanza-Xenia dan Ertiga harus diuji oleh Global NCAP.