TIPS OTOMOTIF : Lakukan 4 Hal Ini Bikin AC Mobil Panjang Umur

AC mobil. (Automobilemag.com)
22 September 2016 19:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang perawatan AC mobil.

Solopos.com, SOLO – Seiring pemakainan rutin, kemampuan penyejuk kabin (AC) pada mobil akan berkurang. Bahkan tidak jarang muncul masalah seperti tidak dingin dan bau apek. Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda simak tips otomotif berikut ini!

Masalah pada AC mobil memang tidak bisa dihindari namun bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya lebih awet. Dihimpun Solopos.com dari laman Astra World, Kamis (22/9/2016), berikut ini empat perlakuan supaya AC mobil lebih panjang umur:

Menjaga Kebersihan Karpet
Karpet lantai mobil yang bersih membuat udara di dalam kabin menjadi lebih bersih dan tidak bau apek. Karpet yang bersih juga membantu filter AC supaya tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran. Selain karpet, kebersihan jok juga perlu diperhatikan apabila menggunakan pelapis jenis kain.

Sempatkan Buka Kaca Mobil
Sebelum menyalakan AC, sempatkan untuk membuka kaca mobil beberapa saat dan mengaktifkan putaran blower pada level paling tinggi. Hal itu bertujuan agar uap panas yang terperangkap di dalam kabin bisa cepat keluar sehingga kinerja AC bisa lebih maksimal.

Istirahatkan AC
Seperti halnya manusia, AC mobil juga perlu diistirahatkan setelah bekerja dalam jangka waktu lama, misalnya ketika melakukan perjalanan jauh. Sebab jika dibiarkan menyala terus menerus, komponen di dalam AC akan aus dan berpotensi terjadi pembekuan pada saluran udara.

Bersihkan Kondensor
Langkah terakhir, pemilik mobil juga harus rutin membersihkan kondensor AC menggunakan semprotan air. Kondensor yang bersih menjadikan tiupan udara lebih lancar dan kabin menjadi lebih cepat dingin.