MOBIL HONDA : Uji Tabrak Mobilio Mengenaskan, Ini Kata HPM

Uji tabrak Honda Mobilio buatan India. (Globalncap.org)
30 September 2016 18:10 WIB Otomotif Share :

Mobil Honda Mobilio buatan India mendapat skor nol bintang dalam uji tabrak.

Solopos.com, JAKARTA – Mobil Honda Mobilio mendapat hasil mengenaskan dengan skor nol bintang dalam uji tabrak oleh lembaga independen pemerhati keselamatan penumpang Global New Car Assesment Program (NCAP) di Inggris.

Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan unit yang diuji Global NCAP adalah buatan India dan memiliki kelengkapan berbeda dari unit buatan Indonesia yang juga dipasarkan di ASEAN.

“Mobilio India berbeda dengan Mobilio ASEAN. Secara struktur sama, secara perlengkapan berbeda,” ungkap Jonfis di Jakarta sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Jumat (30/9/2016).

Menurut Jonfis, untuk mendapat skor sempurna lima bintang mobil harus dilengkapi empat hingga enam buah airbag dan memenuhi kriteria khusus lainnya. Sementara Mobilio India tidak membawa airbag sama sekali pada varian termurahnya sehingga skornya nol.

“Jadi kalau tes yang enggak ada airbag hasilnya nol. Tapi kalau shell dan rangka bagus, dia bisa stabil, mobil ini bisa lolos untuk dijual juga. Jadi sistem G-Con Honda Mobilio bekerja. Kemudian Mobilio yang ada dua airbag dites dapat tiga bintang,” papar Jonfis panjang lebar.

Sementara Mobilio di Indonesia, Jonfis mengklaim mobil segmen multi purpose vehicle (MPV) itu mengantongi skor lima bintang. “Jadi berbeda, meski dari segi platform-nya sama. Mobilio di Indonesia itu lima bintang berdasarkan uji tabrak ASEAN NCAP.”

Tetapi setelah Solopos.com telusuri di laman resmi Aseancap.org tidak terdapat nama Honda Mobilio di sana namun ada BR-V. Mobil SUV yang mampu memuat tujuh orang itu dibangun dari platform Mobilio dan tercatat miliki skor uji tabrak lima bintang.

 

Tokopedia