TIPS OTOMOTIF : Bagi Pemula! 3 Trik Ngerem Mobil di Tanjakan

Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas. (newsok.com)
01 Oktober 2016 15:00 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang mengerem mobil ketika kondisi macet di tanjakan.

Solopos.com, DEPOK – Tidak sedikit pengemudi pemula panik ketika harus menghentikan mobil di jalanan menanjak karena macet. Namun asalkan menguasai tiga trik mengerem dalam tips otomotif berikut ini semua bisa teratasi.

Ketika berhenti di tanjakan, umumnya pengemudi pemula takut mobil meluncur ke belakang ketika pedal rem dilepas. Ada pula yang takut apabila menyuldul mobil di depan lantaran menginjak pedal gas terlalu dalam dan spontan.

Menurut Rahmat, pemilik bengkel Rahmat Motor Depok, Jawa Barat tips pertama ketika menghadapi kondisi lalu lintas seperti itu adalah jangan panik. Supaya lebih leluasa stop and go saat macet di tanjakan, lakukan pengereman dengan teknik setengah kopling.

Tips kedua, lanjut Rahmat seperti dilansir laman Okezone, Kamis (29/9/2016), apabila macet parah dan mobil tidak bergerak dalam waktu lama sebaiknya menggunakan rem tangan. Menurutnya itu adalah cara paling aman dan nyaman. Cukup tarik tuas rem tangan sebelum kopling dilepas dan letakkan persneling ke posisi netral.

Tips ketiga, bisa dengan menggunakan rem kaki seperti mengerem dalam kondisi normal. Biasanya cara itu dilakukan oleh pengemudi yang sudah terbiasa menghadapi kondisi jalan menanjak yang macet. Namun perlu diingat saat mobil ingin jalan dibutuhkan ketepatan waktu menginjak pedal kopling dan gas saat pedal rem dilepas.

 

Tokopedia