MOBIL TOYOTA : Yaris Disuntik Turbo dan Teknologi Microsoft

Nissan March 2017 di Paris Motor Show. (Autocar.co.uk)
04 Oktober 2016 08:10 WIB Otomotif Share :

Mobil Toyota Yaris edisi reli hadir di Paris Motor Show 2016.

Solopos.com, PARIS – Toyota Motor Corp bersama raksasa teknologi dan komputer Microsoft memamerkan mobil hatchback Toyota Yaris paling ngebut di dunia dalam pameran otomotif Paris Motor Show 2016 di Prancis.

Mobil Toyota Yaris itu merupakan unit spesial garapan divisi balap Toyota Gazoo Racing dan akan diterjunkan ke kejuaraan balap reli dunia World Rally Championship (WRC) 2017 sekaligus untuk menandai kembalinya Toyota setelah 17 tahun absen.

“Sudah 17 tahun berlalu sejak keikutsertaan terakhir kami di WRC. Sudah cukup kami beristirahat dan sekarang saatnya kami kembali,” ungkap Presiden dan CEO Toyota, Akio Toyoda seperti dikutip Solopos.com dari laman Autoexpress, Senin (3/10/2016).

Yaris WRC menggunakan basis Yaris versi benua Eropa. Wujud luarnya tidak banyak berubah kecuali hadirnya body kit penunjang aerodinamika, sayap belakang (spoiler) besar untuk menambah downforce, kaki-kaki khusus reli, serta balutan warna dominan putih dengan aksen merah-hitam.

Dibekali mesin 1.600 cc turbocharger lengkap dengan air restrictors jumbo, Yaris WRC diklaim dapat memuntahkan tenaga 300 hp. Angka tersebut tiga kali lebih besar dari versi standar yang hanya menggendong mesin 1.300 cc bertenaga 99 hp. Sementara urusan elektronik dan software seluruhnya ditangani oleh Microsoft.

Akio menambahkan, pengalaman di balap reli dunia dan kolaborasi bersama Microsoft akan digunakan Toyota sebagai salah satu riset untuk mengembangkan mobil.

Untuk diketahui, rangkaian seri balap reli WRC 2017 akan dimulai dari Monte Carlo, Monako pada Januari 2017. Toyota Yaris WRC di bawah pimpinan juara reli dunia lima kali Tommi Makinen akan bersaing melawan Citroen C3, Volkswagen (VW) Polo, dan Hyundai I20.

 

Tokopedia