BURSA MOTOR : Akur, Honda-Yamaha Kolaborasi Bikin Skutik Baru

Honda Giorno (honda.com)
07 Oktober 2016 02:50 WIB Otomotif Share :

Bursa motor akan diramaikan skutik hasil kerja sama Honda-Yamaha.

Solopos.com, TOKYO – Tidak seperti penggemar fanatiknya yang saling cela, hubungan Honda dan Yamaha di tataran prinsipal ternyata cukup akur. Terbukti dua merek besar di bursa motor itu akan berkolaborasi membuat skuter matik (skutik).

Belum diketahui kapan kolaborasi itu dimulai, namun dalam siaran resmi Honda Motor Corp yang dilansir laman Paultan, Rabu (5/10/2016), sudah ada tiga poin yang menjadi dasar dari kerja sama antara duo pabrikan otomotif kenamaan asal Jepang itu.

Pertama, Honda akan memasok skutik bermesin 50 cc sebagai produk original equipment manufacturer (OEM) kepada Yamaha sebelum 2018. Skutik yang disuplai adalah model Honda Giorno dan Honda Tact. Dua skutik itu akan dijual dengan identitas baru, masing-masing mengusung nama Yamaha Vino dan Yamaha Jog.

Kedua, dari hasil pengembangan mesin Giorno dan Tact itu Honda dan Yamaha akan bekerja sama menciptakan satu skutik 50 cc yang benar-benar baru. Pabrikan berlambang sayap mengepak akan memasarkan skutik anyar itu dengan nama Honda Benly.

Sementara pabrikan berlambang garpu tala akan menjualnya dengan nama Yamaha Gear. Kemungkinan pengembangan bersama untuk generasi lanjutan dari model tersebut akan dibahas oleh kedua pabrikan pada kemudian hari.

Ketiga, Honda dan Yamaha juga akan bekerja sama dalam meningkatkan populasi skutik tenaga listrik di Jepang. Dua pabrikan itu akan menciptakan skutik listrik baru golongan class-1 yang fokus pada isu efisiensi listrik, jarak tempuh, durasi pengisian daya, kinerja, dan ongkos produksi.

Khusus poin ketiga, Honda dan Yamaha juga membuka kesempatan bagi pabrikan atau merek lain di bursa motor yang ingin bergabung demi memajukan industri kendaraan ramah lingkungan di Negeri Sakura.

 

Tokopedia