IMOS 2016 : TVS Akula 310 Tantang Kawasaki Ninja 300

Teaser TVS Akula 310. (Twitter.com)
17 Oktober 2016 05:00 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Imos 2016 akan diramaikan sepeda motor TVS Akula 310.

Solopos.com, JAKARTA — PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI), sebagai agen pemegang merek sepeda motor TVS di Indonesia, akan berpartisipasi pada pameran sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (Imos) yang akan berlangsung 2-6 November 2016.

Seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Sabtu (15/10/2016), dalam gelaran Imos 2016, TVS berencana memajang beberapa produk yang saat ini sudah dipasarkan di Indonesia dan motor konsep.

"Kami akan display produk-produk yang akan kami pasarkan, sama beberapa motor konsep yang kami bawa dari India, termasuk teknologi juga," ujar Marketing Manajer PT TMCI, Rizal Rizkiawan Tandju.

Sebagai bocoran, satu di antara tiga motor konsep yang bakal diperkenalkan yaitu TVS Akula 310 atau yang dikenal juga dengan sebutan Apache RTR 300. "Apache RTR 300 akan ada di pameran sebagai konsep. Kami sedang proses itu untuk diperlihatkan di sini tapi apakah ada atau enggak kita lihat nanti. Yang akan diperlihatkan itu adalah motor konsep jadi belum tentu akan kami jual. Kalaupun dijual mungkin keluarnya masih setahun lagi," terang Rizal.

Seandainya jadi dipasarkan di Indonesia, motor bergaya sport tersebut harus siap bersaing dengan Kawasaki Ninja 300 yang telah lebih dulu dipasarkan lewat PT Kawasaki Motor Indonesia.

Sebagai informasi, TVS Akula merupakan produk kolaborasi TVS dan BMW Motorrad yang dibekali mesin berkapasitas 313 cc satu silinder serta mampu menghasilkan tenaga mencapai 34 hp dengan torsi 28 nm dan girbox manual enam percepatan.

Sementara itu, Ninja 300 dibekali mesin 296 cc yang menawarkan tenaga 39 ps dan torsi maksimal 27 nm. Ninja 300 juga dilengkapi dengan teknologi slipper clutch.

Seperti dikutip dari Motorbeam, sepeda motor Kawasaki Ninja 300 hadir dengan dua pilihan warna striping baru, yakniMetallic Flat Raw Greystone, dan Passion Red.

Metallic Flat Raw Greystone merupakan perpaduan warna dominan abu-abu yang dipadukan dengan striping merah dan putih minimalis. Pelek pada varian itu juga mendapat balutan warna merah menyala. Sedangkan Passion Red hanya menyuguhkan warna merah polos pada bodi.

Sebelumnya, motor yang saat ini juga beredar di Indonesia dengan banderol Rp87,2 juta on the road (OTR) Jakarta itu hanya hadir dalam balutan warna hijau dengan striping putih dan hitam.

Sedikit penyegaran juga dapat dilihat pada hadirnya sistem pencahayaan baru pada tachometer analog. Menurut Kawasaki, hal itu diberikan untuk memudahkan pengendara memantau tenaga Ninja 300 pada malam hari.

Sayangnya meski mendapat warna baru, Kawasaki rupanya tidak memberi ubahan apapun pada desain bodi Ninja 300. Bentuknya 100 persen masih sama dengan Ninja 300 edisi sebelumnya dan Ninja 250.

Dapur mekanisnya pun tidak berubah, motor itu masih dibekali mesin 296 cc dua silinder berpendingin cairan. Di atas kertas, mesin itu memiliki tenaga 39 hp pada 11.000 rpm dan 27 Nm pada 10.000 rpm.

Kendati demikian, Kawasaki mengaku telah melakukan beberapa penyempurnaan pada sektor transmisi dan kopling. Hasilnya, perpindahan gigi pada Ninja 300 kini diklaim lebih halus.

Tokopedia