SEPEDA MOTOR TERBARU : Begini Penampilan dan Spesifikasi Yamaha YZF-R6

17 Oktober 2016 14:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Yamaha YZF-R6 kembali menampakkan diri.

Solopos.com, TOKYO – Perusahaan otomotif Yamaha merilis YZF-R6 model 2017. Model terbaru ini memang sangat ditunggu-tunggu lantaran generasi sebelumnya lahir sepuluh tahun silam.

YZF-R6 bakal lebih bertenaga dibanding model sebelumnya. Sasisnya membuat handling lebih nyaman dan juga lebih cepat melahap satu putaran di sirkuit balapan.

Video yang dirilis Yamaha Motor Corp menampilkan suara serta gambarnya yang ciamik. Dari display instrumennya juga mengindikasikan penggantian gigi yang lebih cepat dengan sistem quickshifter. Ada pula fitur seperti kontrol traksi, dan mode berkendara.

Yamaha mengklaim sistem ride-by-wire Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) akan menjadi satu perangkat elektronik yang membantu pengendara. Sistem ini mendapat sedikit tenaga yang digas oleh si pengendara dan secara instan mengkalkulasi bukaan katup gas yang ideal. Selanjutnya menggerakkan katup gas dan secara aktif mengontrol volume intake.

Sistem kontrol traksi membantu si pengendara mengatur traksi di beberapa kondisi jalan dengan secara cepat memodulasi pembukaan gas, waktu pembakaran, dan volume bensin. Yamaha mengatakan sistem ini didesain untuk beroperasi lebih cepat dan sangat mudah serta hanya sedikit gangguan saat melaju, berbeda dengan sistem TC lain yang mengadaptasi perubahan diameter ban dan grip karena penggunaan ban.

Terakhir Yamaha sistem D-Mode memungkingkan si pengendara untuk memilih karakter mesin yang paling optimal untuk situasi berkendara apa pun. Sistem pergantian gigi yang cepat bukan merupakan fitur standar namun bisa dipesan khusus sesuai permintaan.

Suspensi depan, swing arm, rem, roda, dan knalpot rupanya mirip dengan R6 generasi sebelumnya. Namun, fairing depan memiliki intake port yang mirip dengan motor yang dipakai oleh Valentino Rossi di MotoGP yaitu Yamaha YZR-M1 dengan lampu depan yang sangat mirip. Lampu-lampu lainnya terlihat sangat ramping. Fairing bagian belakang, lampu belakang, dan spion juga terlihat mirip dengan Yamaha R1.

Suspensinya lebih besar dari generasi R6 yang ada saat ini dan memiliki komponen yang sama dengan YZF-R1. Suspensi KYB berukuran 43 mm lebih besar dari yang sebelumnya 41 mm. Sistem pengereman ABS hadir sebagai fitur standar pada YZF-R6 terbaru.

Subframenya diuat dari magnesium, begitupun dengan tangki bensinnya yang terbuat dari aluminum. Hal tersebut dilakukan Yamaha agar bobot lebih ringan.

YZF-R6 generasi terbaru ini dijual dengan harga mulai Rp159 jutaan dan ditawarkan dalam warna biru khas Yamaha, matte raven black dan white/matte silver. Motor ini mulai dikirimkan ke konsumen mulai Maret 2017 mendatang.