MOBIL BARU : Toyota Vios dan Yaris Terbaru Siap Meluncur

Toyota Yaris (Okezone)
22 Oktober 2016 00:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Mobil baru Toyota Vios dan Yaris akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Solopos.com, JAKARTA — Mobil baru Toyota Vios dan Yaris tidak lama lagi akan meluncur di Indonesia. Dua mobil anyar Toyota itu diproduksi di Indonesia.

Dua model kendaraan ini sudah didaftarkan ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Lantas kapan pastinya mobil baru Toyota Vios dan Yaris tersebut dipasarkan?

"Secepatnya akan kami sampaikan. Tidak dalam waktu bersamaan," ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Jumat (21/10/2016).

Mobil baru Toyota Vios dan Yaris sudah diproduksi lokal, sehingga peluncurannya juga menunggu momentum yang pas, karena tidak sampai satu tahun TMMIN sudah memproduksi tiga produk baru di Toyota Karawang Plant, Jawa Barat.

"Kami memproduksi model-model yang bersamaan, November Innova, kemudian Februari Fortuner, lalu Juli Sienta. Jadi dalam waktu delapan bulan kami produksi tiga mobil baru. Jadi memang itu tantangan kami besar," terang Warih.

Ia menambahkan, saat ini produksi Yaris dan Vios masih normal. Toyota Vios terbaru telah meluncur lebih dulu di Filipina. Selain tampil dengan wajah yang lebih segar, Toyota juga membekalinya dengan mesin terbaru untuk memberikan dorongan tenaga lebih kuat, namun tetap hemat bahan bakar.

Toyota mengganti mesin model lama yakni 1NZ-FE dengan 2NR-FE. Selain itu akan ditawarkan pula mesin dual VVT-i berkapasitas 1,5 liter. Mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis empat percepatan. Tersedia juga transmisi tujuh dan lima percepatan.

Di pasar Indonesia, mobil baru Toyota Vios akan berhadapan dengan Honda City. Honda kali terakhir meluncurkan mobil versi terbaru dari City pada 2014. Sedan generasi keempat ini tampil jauh berbeda dibanding pendahulunya.

Sedangkan mobil Toyota Yaris terbaru belum lama ini meluncur di Tiongkok. Namun belum diketahui apakah mobilnya sama dengan yang bakal dipasarkan di Indonesia.

Menurut rumor yang beredar, selain meluncurkan Yaris baru, Toyota juga menghadirkan versi modifikasinya yaitu Yaris Heykers di Tanah Air. Toyota Yaris berhadapan dengan Honda Jazz dan Mazda2. Dua model tersebut sama-sama tampil dengan wajah baru pada 2014.

Seperti diberitakan dalam laman Tpt-online Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jumat, mobil Toyota Yaris terbaru di Indonesia masih akan hadir dalam tipe E, G, dan S dengan masing-masing memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis.

Tetapi berbeda dari model saat ini yang masih konvensional, transmisi otomatis pada Yaris facelift sudah lebih modern karena menganut sistemcontinously variable transmission (CVT) seperti pada unit yang meluncur di Tiongkok.

Transmisi CVT memiliki kelebihan berupa sensasi berkendara yang lebih halus serta menjanjikan efisiensi bahan bakar lebih baik. Tetapi sebagai imbasnya, akselerasi mobil pada umumnya menjadi sedikit lebih lambat.

TMMIN juga menyebutkan mobil baru Toyota Yaris tetap mengusung mesin 1.500 cc. Menurut laman Otodriver, mesin tersebut bukanlah model 1NZ-FE seperti yang dipakai sekarang melainkan model 2NR-FE Dual VVT-I identik dengan milik Sienta.