Perhatikan 5 Hal Ini Saat Parkir Mobil

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Parkir Mobil (Okezone)
24 Oktober 2016 01:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memarkir mobil.

Solopos.com, JAKARTA — Parkir merupakan bagian penting saat berpergian menggunakan mobil. Bila salah menentukan lokasi parkir, Anda bisa tak tenang meninggalkan kendaraan.

Terkadang, pengemudi mendapat parkir di tempat yang kurang memadai, sehingga dibutuhkan keahlian lebih dalam menempatkan kendaraan, misalnya di tempat sempit.

Selain itu ada tempat-tempat tertentu yang sebaiknya dipilih untuk memarkir kendaraan. Selain mempertimbangkan sisi keamanan, tempat itu bisa melindungi kendaraan dari cuaca.

Mobil keluaran terbaru yang umumnya telah dilengkapi fitur parking sensor dan kamera tak menjamin pengemudi bisa memarkirkan kendaraannya dengan tepat.

Fitur yang dirancang untuk memudahkan pengemudi akan terasa maksimal bila pengemudinya mengetahui beberapa hal sebelum parkir. Berikut tips parkir sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Okezone, Jumat (21/10/2016):

1. Cari lahan parkir di ruangan beratap, misalnya basement. Namun, harus dipastikan basement tersebut bebas banjir. Sementara bila di gedung parkir, pastikan pengemudi tak salah menginjak pedal gas atau rem untuk mobil bertransmisi otomatis.

Bila salah injak, mobil bisa terjun bebas seperti beberapa peristiwa yang pernah terjadi. Parkir di basement membuat kendaraan aman dari guyuran hujan dan paparan sinar matahari.

2. Bila parkir di area outdoor gunakan penutup kendaraan (sarung mobil) agar bodi tidak terkena air hujan dan panas matahari secara langsung. Ini cukup membantu guna mencegah karat karena biasanya air hujan di kota-kota besar memiliki kandungan asam tinggi, serta mengurangi risiko cat kusam karena sering terjemur.

3. Usahakan untuk selalu parkir dengan posisi seri, serong, atau dengan cara posisi belakang kendaraan masuk lebih dahulu (parkir mundur). Meski terlihat sederhana, memarkirkan mobil dengan posisi ini memudahkan ketika harus cepat keluar untuk menghindari sesuatu.

4. Hindari parkir di bawah pohon besar, seperti akasia, kapuk, dan pohon beringin. Hal ini untuk mencegah kendaraan tertimpa batang pohon yang patah akibat embusan angin atau saat hujan badai. Selain pohon besar, hindari memarkir mobil di bawah papan reklame atau apa pun yang terlihat bisa roboh menimpa kendaraan.

5. Bila terpaksa harus parkir di pinggir jalan, pilihlah permukaan yang lebih tinggi. Ini untuk mengantisipasi kendaraan terendam air. Pastikan juga landasan parkir memiliki permukaan keras dengan menggunakan aspal, beton, cor, atau tumpukan batu untuk mencegah amblas ketika terjadi banjir atau genangan.

Tokopedia