INOVASI TEKNOLOGI : Jok Buatan Kawasaki Bisa Berubah Bentuk Saat Digeber Kecepatan Tinggi

24 Oktober 2016 15:10 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Kawasaki secara khusus membuat jok untuk motor yang digeber dengan kecepatan tinggi.

Solopos.com, TOKYO – Kawasaki mengembangkan teknologi jok sepeda motor yang bisa menyesuaikan posisi pengendara saat berada di kecepatan tinggi. Bagian belakang jok tersebut akan secara otomatis bergerak memberi ruang ke belakang untuk memudahkan pengendara mendapatkan posisi bungkuk saat motor digeber pada kecepatan tinggi.

Dilansir Morebike, Minggu (23/10/2016), Jok belakang sendiri dirancang untuk memberikan riding position yang nyaman bagi pengendara saat berada di atas tunggangan sport yang ditawarkan pada produk Kawasaki. Namun saat berada di kecepatan tinggi, pengendara membutuhkan ruang yang lebih lebar untuk mendapatkan posisi membungkuk.

Teknologi baru yang saat ini diketahui masih dalam tahap pengembangan itu, diharapkan bisa memberi kenyamanan dan mengurangi tekanan angin dari badan pengendara saat posisi membungkuk.

Diperkirakan teknologi jok otomatis ini bekerja menggunakan sensor yang terhubung dengan spidometer. Pada kecepatan yang telah ditentukan, jok bagian belakang akan secara otomatis masuk ke dalam guna memberikan ruang lebih untuk pengendara.

Saat ini, pengajuan paten tengah dilakukan. Sayangnga tidak ada informasi kapan teknologi tersebut akan diluncurkan.

Berdasarkan paten yang diajukan, jok otomatis tersebut diduga akan digunakan untuk model sportbike H2.

Tokopedia