Usung Teknologi CVT, Seberapa Irit New Honda Brio RS

New Brio RS (Honda Indonesia)
30 Oktober 2016 23:20 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

New Honda Brio RS mengusung teknologi CVT.

Solopos.com, JAKARTA – Honda mengklaim produk teranyarnya, New Honda Brio RS lebih irit konsumsi bahan bakar. Hal ini karena adanya teknologi Continously Variable Transmission (CVT) – merupakan transmisi otomatis yang dikontrol secara eletronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt. Seberapa iritkah Honda Brio RS?

Dalam uji kendara menempuh jarak sekitar 55 kilometer, dari kawasan Sunter, Jakarta Utara, menuju ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (29/10/2016) siang, salah satu pengemudi, Insan Krisnamusi, membuktikan salah satu varian Honda itu membutuhkan konsumsi bahan bakar rata-rata 23,3 km/liter.

Dia mengatakan, kecepatan rata-rata yang diambil sekitar 50-60 km/jam, untuk waktu tempuh sekitar satu jam itu.

"Untuk eco-driving itu, untuk mobil-mobil 1.2 liter, harus ada beberapa hal yang dijaga, misalnya rpm 1.500 atau paling mentok itu 2.000. Lalu, tekanan gas stabil. Jangan diinjak lepas-diinjak lepas, karena berpengaruh pada semprotan bahan bakarnya ke ruang bakarannya," ujar sebagaimana dikabarkan Antara, di Tangerang, Sabtu.

"Selain itu, jangan terlalu banyak mengerem. Kecepatan paling 55 km/jam, maksimal 70 km/jam," imbuh Insan.

Pengemudi lain, Ahmad Garuda, bahkan membutuhkan konsumsi bahan bakar rata-rata 28,9 km/liter untuk jarak tempuh yang sama.

Dalam kesempatan berbeda, Manager Service Division PT HPM, Muhammad Zuhdi, menggatakan, CVT tidak beroperasi menggunakan rasio gear, melainkan bekerja dari kecepatan rendah ke kecepatan maksimum dengan responsif dan tak terputus.

"Kalau di transmisi konvensional setelah tenaga mesin disalurkan, maka perubahan kecepatan akan dilakukan oleh gear-gear yang ada dalam transmisi. Sedangkan untuk CVT hanya menggunakan drive pulley dan driven pulley serta steel belt," tutur dia.

"Di konvensional, perpidahan rasio dari 1-5 secara bertahap dan otomatis akan ada perubahan perpindahan rasio. Tetapi ketika menggunakan CVT, dia akan langsung naik tanpa shift shock. Ketika sudah maksimal, dia akan stabil pada posisi maksimal di rasio maksimal," sambung Zuhdi.

New Honda Brio RS didukung mesin i-VTEC 1.2 liter dengan tenaga dan torsi terbesar di kelasnya, New Honda Brio RS menghasilkan performa bertenaga maksimal 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4800 rpm, namun tetap hemat bahan bakar.

Tokopedia