Mobil Listrik di Tiongkok Dibanderol Rp104 Juta

Ilustrasi produksi mobil listrik (typepad.com)
08 November 2016 13:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Harga mobil listrik di Tiongkok akan dibanderol dengan harga murah.

Solopos.com, BEIJING - Tiongkok diprediksi akan menjadi negara dengan pertumbuhan penjualan mobil listrik terbesar di dunia, hal tersebut diperkirakan terjadai pada akhir dekade ini. Dimana harga mobil listrik di Tiongkok akan dibanderol dengan harga murah.

Bahkan persaingan harga murah mobil listrik di Tiongkok, sudah bisa diprediksi Carlos Ghosn, kepala aliansi Renault-Nissan. Seperti dikutip dari Autoblog, Selasa (8/11/2016), Ghosn mengungkap kebijakan pemerintah China yang membuat harga mobil listrik sangat murah.

Insentif yang akan diberikan untuk mobil listrik oleh Pemerintah Tiongkok mencapai US$20 ribu atau setara dengan Rp261 juta. Sedangkan harga mobil listrik yang bisa didapat konsumen akan dibanderol seharga US$8.000 atau sekira Rp104 juta.

Dengan kebijakan tersebut, beberapa produsen automotif akan menjadikan Tiongkok sebagai pasar utama untuk penjualan mobil listrik terbesar di dunia. Bahkan saat ini telah banyak produsen automotif global bekerja sama dengan produsen automotif Tiongkok untuk memproduksi mobil listrik.

Pemerintah Tiongkok sendiri memberikan insentif besar untuk mobil listrik, bertujuan untuk mengatasi masalah pencemaran udara di negara tersebut. Diketahui Tiongkok merupakan salah satu negara dengan tingkat polusi terbesar di dunia.