CES 2017 : Honda Pamer Mobil Supercanggih yang Punya Perasaan

15 Januari 2017 07:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Otomotif Share :

Mobil konsep pabrikan Honda diklaim memiliki perasaan sendiri.

Solopos.com, LAS VEGAS – Honda memperkenalkan mobil konsep yang diklaim memiliki perasaan di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2017, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat (6/1/2017). Melalui artificial intelligence (kercerdasan buatan) khusus, mobil konsep yang dinamai NeuV itu diklaim bisa antar jemput orang asing saat tidak digunakan pemiliknya.

Dikutip Solopos.com, dari Autoblog.com, Jumat (13/1/2017), NeuV merupakan hasil kerja sama Honda dengan perusahaan bernama Cocoro SB. Kerja sama itu diungkap pada Juli 2016 dan bertujuan untuk membuat mobil yang bisa bereaksi saat diajak bicara pemiliknya.

Dilansir Dezeen, Selasa (10/1/2017), NeuV memiliki kecerdasan buatan bernama Hana AI. Kecerdasan buatan yang disebut dengan mesin emosi itu diproyeksikan untuk bisa mendeteksi perasaan pemilik berdasarkan tingkah lakunya. Seiring berjalannya waktu, mesin emosi itu diharapkan bisa memberi rekomendasi pilihan baru bagi pemilik mobil, misalnya rekomendasi lagu.

Tak hanya itu, dengan data yang menunjukan bahwa mobil pribadi kerap tidak digunakan, Honda membuat NeuV bisa melakukan antar jemput orang asing secara otomatis. Saat tak digunakan NeuV bisa menjemput atau menghantarkan orang-orang yang berdomisili di sekitar pemilik ke tujuan-tujuan lokal.

“Kami membuat NeuV menjadi lebih bisa dimanfaatkan oleh pemiliknya, terutama saat tidak dipakai,” ungkap Principal Designer HONDA R&D Americas, Mike Stay.

Listrik yang disimpan NeuV juga bisa bernilai ekonomis tinggi jika permintaan listrik meningkat namun persediaan semakin menipis.
Mobil konsep ini memiliki dua kursi di depan dan tempat penyimpanan barang di belakang. Panel pengendali berupa layar sentuh, sebagai fitur tambahan terdapat skateboard elektrik di dalam NeuV. Bagian eksterior NeuV juga tak kalah futuristis, bentuk mobil yang trapesium semakin diberi kesan modern dengan kaca mobil yang lebar memberi kesan panorama.

Tokopedia