Begini Jadinya Motor Era 1980-an Honda Dimodifikasi Pakai Batu

20 Januari 2017 14:45 WIB Muhammad Rizal Fikri Otomotif Share :

Motor Honda CX500 dimodifikasi menggunakan batu basalt.

Solopos.com, MENDIG – Pemilik motor klasik Honda, Chris Zernia, membuat modifikasi unik untuk sepeda motornya. Dia menambahkan unsur batu ke modifikasi tak lazim itu.

Honda CX500 adalah motor Honda kelas menengah yang diproduksi tahun 1981. Secara umum, tidak ada hal spesial dari motor tersebut jika dibandingkan dengan produksi terbaru. Namun, motor tersebut menjadi unik dan spesial setelah pemiliknya, Chris Zernia, memodifikasinya menggunakan batu.

[caption id="attachment_786221" align="aligncenter" width="370"]http://images.harianjogja.com/2017/01/Honda-CX500-dimodifikasi-dengan-batu-basalt-Drivespark.com_.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/01/Honda-CX500-dimodifikasi-dengan-batu-basalt-Drivespark.com_-370x278.jpg" alt="Honda CX500 dimodifikasi dengan batu basalt (Drivespark.com)" width="370" height="278" /> Honda CX500 dimodifikasi dengan batu basalt (Drivespark.com)[/caption]

Dilansir Drivespark, Selasa (3/1/2017), melalui modifikasi yang dilakukan Chris Zernia, Honda CX500 miliknya diprediksi menjadi motor terberat di kelasnya. Chris mengubah beberapa bagian utama motornya menggunakan batu jenis basalt.

Chris memilih basalt karena batu jenis itu mudah untuk diukir sesuai keinginan. Batuan basalt yang dipakai Chris awalnya seberat 450 kg, kemudian dikuir untuk beberapa bagian motor sehingga memmiliki berat kurang lebih 60 kg. Bagian yang paling terlihat diubah dengan batu adalah tangki bahan bakar, body lampu depan, dan sadel. Untuk bagian sadel Chris menanamkan beberapa batang besi sebagai fondasi.

Karena motor yang dimodifikasi Chris termasuk motor tua, beberapa bagiannya harus diganti agar sesuai dengan berat motor yang baru. Beberapa hal yang sudah tidak orisinal adalah pendingin mesin dan suspendi depan serta belakang. Suspensi depan diganti dengan milik Honda VT600, suspensi belakang diambil dari Harley Dyna. Rodanya didukung oleh ban segala medan merek Bates Baja.

Chris Zernia berniat mencetak rekor dunia menggunakan motor tersebut. Ia ingin menjadi orang pertama yang mengendarai motor tercepat yang dibuat dari batu.

Tokopedia