MOBIL MITSUBISHI : Genjot Segmen Penumpang, Mitsubishi Bakal Luncurkan XM Concept

Head of MMC Sales and Marketing Group KTB, Imam Choeru Cahya (dua dari kiri), dan Head of MMC Sales and Marketing Region II KTB, Amiruddin (dua dari kanan), saat memperkenalkan XM Concept Crossover MPV di Paragon Mall, Semarang, Rabu (25/1/2017). (Imam Yuda Saputra/JIBI - Semarangpos.com)
25 Januari 2017 22:50 WIB Imam Yuda Saputra Otomotif Share :

Bursa mobil di Jawa Tengah (Jateng) di kelas mobil penumpang atau passenger car bakal diramaikan dengan kehadiran produk terbaru Mitsubishi.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, sepertinya akan lebih serius bermain di pasar kendaraan penumpang (passenger car) pada tahun 2017 ini.

Hal ini terlihat dalam rencana KTB meluncurkan produk terbaru Mitsubishi yang berkonsep Multi Purpose Vehicle (MPV)-Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil yang masih berupa konsep dan diberi nama XM Concept itu bahkan sudah diperkenalkan di beberapa kota di Indonesia, termasuk Semarang.

Perkenalan XM Concept di Semarang dilakukan KTB dalam sebuah pameran bertajuk Mitsubishi XM Concept di Paragon Mall, Semarang, Rabu-Minggu (25-29/1/2017).

Head of MMC Sales and Marketing Group KTB, Imam Choeru Cahya, menyebutkan meski baru sebatas konsep, Small MPV terbaru Mitsubishi itu sudah siap diluncurkan pada pertengahan tahun 2017 nanti.

“Saat ini memang baru tahap prepare, tapi konsepnya sudah jadi sekitar 75%. Kalau pun ada perubahan tidak terlalu banyak,” jelas Imam saat sesi jumpa pers kepada wartawan di Paragon Mall, Semarang, Senin.

XM Concept yang akan diluncurkan KTB Mitsubishi Motors itu memiliki desain interior yang luas dengan kapasitas tujuh penumpang layaknya mobil tipe MPV lain. Namun dengan ground clearance lebih tinggi, mobil ini diklaim nyaman digunakan di segala medan, layaknya SUV.

Pasar di Jateng
Head of MMC Sales and Marketing Region II KTB, Amiruddin, berharap hadirnya produk terbaru itu bakal mengenjot pasar Mistubishi di Jateng, terutama di segmen kendaraan penumpang. Terlebih lagi setelah pada 2016 lalu, penjualan Mitsubishi di Jateng tidak terlalu bagus.

Dari total penjualan Mitsubishi sepanjang 2016 lalu di Indonesia, yakni 67.176 unit, Jateng hanya memberi kontribusi sekitar 16% atau 8.400 unit. Dari jumlah itu, 80% merupakan produk kendaraan tipe niaga ringan, seperti L300, sekitar 6.400 unit. Sementara, sisanya atau 2.000 unit disumbangkan oleh mobil kelas penumpang atau passenger car.

“Tentu, kami berharap hadirnya produk ini bisa meningkatkan penjualan kami di segmen penumpang, terutama di wilayah Jateng. Targetnya bisa meningkat tiga kali lipat,” ujar Amiruddin.

Amiruddin optimistis mobil MPV-SUV yang segera diluncurkan itu bisa diterima pasar. Apalagi, harganya terjangkau layaknya mobil MPV lain di kisaran Rp250-300 juta.