Mobil Lawas Jaguar Laku Rp100 Miliar

Mobil lawas jaguar yang laku 6 juta poundsterling. (Istimewa)
26 Januari 2017 15:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Jaguar yang masuk tipe E-Type berhasil terjual 6 juta pundsterling melalui proses lelang.

Solopos.com, ARIZONA -- Satu unit mobil Jaguar langka menyandang gelar sebagai tipe E-Type termahal di dunia. Mobil tersebut dilepas kepada penawar dalam sebuah acara lelang yang berani membayar nyaris 6 juta poundsterling atau sekira Rp100 miliar.

E-Type merupakan salah satu model sportcar ikonik yang pernah dibuat Jaguar. Mobil itu diproduksi sebanyak 72 ribu unit dalam periode 1961 hingga 1975. Sementara E-Type yang dilelang tersebut merupakan edisi khusus "Lightweight Competition" buatan 1963 yang diproduksi hanya belasan unit di dunia.

Jaguar khusus membuat mobil ini untuk menyaingi dominasi Ferrari di ajang balap. Bahkan pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, mengakui Jaguar E-Type sebagai mobil paling enak dipandang di dunia.

Jaguar E-Type "Lightweight Competition" itu dilepas dengan harga 5.979.662 poundsterling pada lelang yang digelar Bonhams di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat. Jaguar E-Type ini sekaligus menjadi mobil Inggris paling bernilai di ajang lelang.

Mobil yang dilelang itu diketahui baru dikendarai sejauh 6.400 kilometer dan sempat tersembunyi di Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir. Salah satu prestasi yang diraihnya adalah memenangkan Australian GT Championship pada 1963.

Mesinnya menggunakan 3,8 liter yang mampu menghasilkan tenaga 300 bhp. Akslerasi dari 0-96 kilometer per jam dapat dicapai dalam 6 detik dengan kecepatan maksimum 240 km/jam.

Sedianya Jaguar berencana membuat 18 unit E-Type Lighweight, namun hanya 12 yang terealisasi. Saat ini diperkirakan hanya 11 unit yang tersisa. Pada 2014, Jaguar mengeluarkan pengumuman mencenangkan yakni membuat sisa enam unit lagi dengan spesifikasi yang sama dengan model tahun 1963/1964.

Dalam waktu singkat, semua unit itu ludes terjual, padahal harga per mobilnya 1 juta poundsterling.

Tokopedia