Uji Tabrak, Ford Mustang Dapat Skor Buruk

27 Januari 2017 11:10 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Ford Mustang model terbaru mendapat skor buruk saat uji tabrak.

Solopos.com, NEW YORK -- Lembaga penguji keselamatan kendaraan baru Eropa atau Euro New Car Assesment Program (NCAP) baru-baru melakukan uji tabrak pada muscle car Amerika Ford Mustang model terkini. Hasilnya cukup mencengangkan, Ford Mustang hanya mendapat rating dua bintang.

Uji tabrak meliputi benturan depan dan samping Pada uji benturan depan samping, lutut dan paha pengemudi serta penumpang depan menunjukkan hasil yang baik. Di bagian ini Ford Mustang mampu memberikan perlindungan yang baik. Namun tidak demikian dengan kepala.

Data analisis data pada boneka menunjukkan kepala pengemudi agak meleset dari airbag yang mengembang saat kecelakaan. Hal ini disebabkan kurangnya tekanan pada airbag sehingga tidak mampu menangkal benturan antara kepada pengemudi dengans setir.

Hal serupa terjadi pada boneka penumpang depan. Kurangnya tekanan pada airbag tidak mampu menghindari benturan antara kepala penumpang dengan dasbor. Skor untuk performa airbag Ford Mustang, baik pengemudi dan bagian penumpang, buruk.

Sementara untuk tes benturan depan dengan rintangan penuh, perlindungan untuk dada pengemudi termasuk baik. Namun penumpang di jok belakang agak terdorong ke bagian bawah atau biasa dikenal dengan istilah submarining. Dampaknya lutut penumpang belakang tidak terlindung dengan baik serta berpengaruh ke bagian paha dan tulang panggul yang bisa mengalami cedera.

Sementara untuk benturan samping, Ford Mustang mendapat skor baik mampu memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang. Ford Mustang model saat ini ini tidak dilengkapi dengan fitur rem otomatis otonom (AEB) yang sebenarnya bisa memberikan perlindungan maksimal. Ford akan menggunakan fitur itu pada Mustang keluaran terbaru nantinya.