Honda Oree, Motor Listrik dengan Desain Futuristik yang Ternyata Buatan Mahasiswa

Konsep Honda Oree. (Istimewa - motorcycle/usa.com)
24 Februari 2017 12:30 WIB Muhammad Rizal Fikri Otomotif Share :

Motor Honda Oree merupakan konsep motor listrik.

Solopos.com, SOLO – Konsep sepeda motor tak selalu muncul dari produsen sepeda motor, mahasiswa pun bisa membuat konsep sepeda motor. Kali ini, Solopos.com akan membahas tentang salah satu konsep sepeda motor listrik buatan mahasiswa yang disebut dengan Honda Oree.

Konsep ini pertama kali dipublikasikan pada acara Intermot Bike Show 2008 yang diselenggarakan di Colone, Jerman. Honda Oree merupakan rancangan dari mahasiswa asal Jerman bernama Nike Albertus dan Andre Look.

Dikutip Solopos.com dari Motorcycle-usa.com, Kamis (23/2/2017), Nike dan Andre mendesain sepeda motor listrik ini untuk menciptakan cara berkendara yang dinamis. Tak seperti kebanyakan model sepeda motor listrik pada waktu itu, Honda Oree menampilkan desain yang unik dan futuristis. Desainnya yang minimalis tidak menghilangkan ide utama untuk menciptakan kendaraan yang dinamis.

Nike dan Andre dikabarkan membuat desain Honda Oree hanya beberapa hari sebelum Intermot Bike Show dibuka. “Salah satu inspirasi kami membuat konsep ini adalah membuat kendaraaan yang dibuat oleh orang yang suka kendaraan,” terang Andre seperti dikutip Motorcycle-usa.com.

Konsep minimalis Honda Oree ditampilkan dengan tidak adanya gearbox dan kopling. Roda Honda Oree langsung dihubungkan dengan mesin melalui karet khusus (drive belt) yang berperan sebagai rantai roda. Baterai Honda Oree diletakkan ditengah menyatu dengan mesin yang disambungkan ke roda belakang melalui drive belt.

Nike dan Andre juga menargetkan konsep kekuatan mesin yang cukup ambisius untuk Honda Oree. Mesin konsep sepeda motor ini akan diberi mesin dengan kekuatan tenaga kuda 90-plus. Kekuatan tersebut disebut-sebut bisa menghasilkan kecepatan hingga 193 km/jam.

Andre dan Nike mengatakan Sepeda Motor Kawasaki ER-6 memberi inspirasi terlahirnya Honda Oree. Hal itu membuat Honda Oree memiliki bentuk setang yang tidak biasa, kaca spion-nya pun dibuat menggantung di bawah setang.

Meski membawa nama Honda pada awal kemunculannya, Honda Oree adalah proyek independen Andre dan Nike. Dua mahasiswa tersebut sudah mengirim proposal agar desain mereka diperiksa. Meski demikian, perkembangan mengenai Honda Oree tak pernah terdengar lagi.