Sepeda Motor Honda NM4 Vultus Terinspirasi Komik Manga

27 Februari 2017 06:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Otomotif Share :

Sepeda motor Honda NM4 Vultus kali pertama  diperkenalkan pada 2014.

Solopos.com, SOLO – Berawal dari sebuah konsep, Honda NM4 Vultus akhirnya dirilis kali pertama pada 2014. Sepeda motor Honda itu memiliki cerita unik di balik pembuatannya.  Awal pengembangan sepeda motor ini terinspirasi dari sebuah komik.

[caption id="attachment_796646" align="alignleft" width="370"]http://images.harianjogja.com/2017/02/Panel-indikator-NM4-Vultus-honda.co_.uk_.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/02/Panel-indikator-NM4-Vultus-honda.co_.uk_-370x208.jpg" alt="Panel indikator NM4 Vultus (honda.co.uk)" width="370" height="208" /> Panel indikator NM4 Vultus (honda.co.uk)[/caption]

NM4 Vultus dijual untuk umum kali pertama pada Juni 2014. Tiga bulan sebelumnya, sepeda motor itu masih berupa konsep dan diberi nama NM4. Konsep itu dipublikasikan bulan Maret 2014 di Osaka Motorcycle Show dan Tokyo Motor Show.

Honda mengumumkan nama Honda NM4 Vultus dua bulan sebelum sepeda motor itu diluncurkan. Dikutip Solopos.com, dari laman Honda.co.uk, Sabtu (25/2/2017),  Honda NM4 Vultus terinspirasi dari cerita komik asal Jepang yang kerap disebut manga.

Sepeda motor Honda itu disebut membawa kesan jet tempur ke jalanan kota. Bentuk body sepeda motor dan teknologi aerodinamik dalam sepeda motor itu terinspirasi dari sebuah manga.

NM4 Vultus masuk dalam keluarga motor gede (moge), alhasil mesin yang disematkan pada sepeda motor ini juga memiliki tenaga cukup besar. Tergantung daerah penjualannya, NM4 Vultus yang dijual di Amerika Serikat memakai mesin bertenaga 670 cc, sedangkan yang beredar di Asia cenderung memiliki mesin 745 cc.

Mesin dual silinder yang sudah dilengkapi teknologi PGM-FI membuat  NM4 Vultus hemat bahan bakar. Dengan tangki berkapasitas 11,6 liter, NM4 Vultus mampu menempuh 299 km. Sepeda motor Honda ini dilengkapi dengan katalis bertenaga serap tinggi yang terletak di dekat mesin. Alat itu membantu mesin untuk mencapai suhu optimal lebih cepat dan mengurangi emisi.

Dari segi tampilan luar, NM4 Vultus memiliki bentuk yang tak biasa. Desain body sisi depan menunjukkan karakter masif dan futuristik. Bentuk tersebut diibaratkan sebagai tameng aerodinamik untuk melindungi pengendara seperti  jet tempur.

Panel indikator NM4 Vultus sepenuhnya digital dengan lima variasi warna panel indikator sesuai dengan mode kendaraan yang aktif. Dalam kondisi netral, panel akan berwarna putih, dalam kondisi kecepatan sedang panel berubah menjadi warna biru, kemudian dalam mode sport warnanya merah muda, warna merah menjadi penanda sepeda motor dalam mode transmisi manual.  Pengendara juga bisa mengombinasikan warna-warna yang ada sesuai keinginan.

NM4 Vultus dilengkapi 3 unit utility boxes, masing-masing berada di bagian kanan, kiri dan depan motor. Totalnya mampu berkapasitas 4 liter. Sandaran tempat duduk mampu diatur sesuai keinginan pengendara. Honda NM4 Vultus Rp435 jutaan.

 

Tokopedia