TAHUKAH ANDA? : Lamborghini Awalnya Produksi Traktor

Traktor klasik, Lamborghini Centenario. (Istimewa - Motor1.com)
05 April 2017 12:45 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Lamborghini bakal membuat traktor edisi spesial untuk menengang seabad Ferruccio.

Solopos.com, NEW YORK -- Tidak banyak yang tahu bahwa Lamborghini mulanya memproduksi traktor untuk pertanian. Lalu sang pendiri, Ferruccio Lamborghini, membuat supercar dengan alasan ingin menyaingi Ferrari.

Untuk mengenang ulang tahun ke-100 Ferruccio, Lamborghini membuat traktor Centenario atau The Centenario Traktori. Meski Ferruccio berulang tahun ke-100 pada 2016, namun tidak menghalangi Lamborghini untuk memberikan penghormatan kepada sang pendiri dengan menghadirkannya pada tahun ini.

Dinukil dari Motor1, versi supercar-nya sendiri sudah dibuat sejak tahun lalu dengan mengambil basis dari model Aventador bermesin V12 dengan tenaga 770 hp. Hanya 45 unit supercar Aventador Centenario yang dibuat dan akan dikirim ke para pemesannya pada tahun ini. Perinciannya, 40 unit merupakan versi jalan raya dan lima lainnya hanya dibuat untuk trek.

Sementara traktor Centenario sendiri akan diperkenalkan di ajang Techno Classica 2015, pada 5 April 2017 di Essen, Jerman. Meski belum diperkenalkan namun dua unit di antaranya sudah terjual.

Tampaknya traktor tersebut dibuat bukan untuk fungsi, mengingat kendaraan ladang itu tidak dilengkapi dengan alat pemotong tanaman atau pembajak tanah. Bentuknya juga klasik dengan satu tempat duduk di belakang. Sehingga, lebih cocok sebagai kendaraan pajangan.

Tokopedia