Weleh-Weleh, Bus Canggih Ini Bisa Ngepot Seperti Sepeda Motor

Bus Siroco yang dirancang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. (Istimewa)
12 April 2017 18:45 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Bus canggih Siroco busa dipakai layaknya sepeda motor.

Solopos.com, BEIJING -- Beragam konsep moda transportasi masa depan ditunjukkan oleh banyak perusahaan di dunia. Bentuk dan desainnya pun tak lazim, jauh dibandingkan dengan kendaraan yang digunakan saat ini.

Seperti bus yang mengambil konsep dari sepeda motor ini. Kendaraan yang diberi nama ini Siroco ini dibuat seorang desainer asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu ini. Jika beroperasi nanti, Siroco merupakan bus sepeda motor pertama di dunia.

Ide untuk mengadopsi desain sepeda motor terlintas di benak Liu karena ukurannya yang kecil. Meski kecil, bukan berarti motor tidak bisa dinaiki banyak orang.

Karena itu ia membuat Siroco memanjang dan tentunya tertutup layaknya bus. Hanya saja, Siroco menggunakan enam roda yang dipasang sejajar, seperti sepeda motor.

Lalu bagaimana dengan keseimbangannya? Dilansir Dailymail, Selasa (11/4/2017), Liu menggunakan konsep yang serupa dengan teknologi Riding Assist Honda serta BMW Motorrad Vision. Motor-motor itu tak akan jatuh saat berhenti meski pengendaranya tidak menurunkan kaki. Teknologi gyroscopic yang digunakan Siroco juga mampu menjaga kesimbangan kendaraan meski posisi posisi penumpang tidak seimbang atau saat kendaraan berbelok.

Dengan sistem roda sejajar, Siroco juga bisa melaju cepat. Selain itu bisa berbelok layaknya sepeda motor sehingga selain bisa lebih cepat namun juga tidak membutuhkan banyak ruang di jalan.

Posisi baterai juga didesain untuk meningkatkan posisi pusat gravitasi kendaraan. Tak hanya itu, Siroco mengaplikasikan teknologi pintar untuk mengalkulasi jarak dan kecepatan, meng-update kondisi lalu lintas, bahkan cuaca.

Siroco diciptakan sebagai kendaraan antarkota dengan dengan jarak menengah. Saat ini Liu masih menyempurnakan model prototipenya.