Bridgestone Punya Ban Tanpa Udara, Begini Cara Kerjanya

Ban tanpa udara bikinan Bridgestone. (Istimewa)
23 April 2017 06:00 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Bridgestone merealisasikan konsep ban tanpa udara yang dirancang sejak 2011.

Solopos.com, TOKYO -- Bridgestone memperkenalkan ban tanpa udara pada 2011 sebagai produk konsep. Kini produk inovatif itu segera terwujud dalam penggunaan sehari-hari.

Ban bekerja dengan memanfaatkan kisi-kisi berupa plastik kaku yang dapat mempertahankan bentuk lingkaran sempurna ban saat menggelinding di jalanan. Rencananya perusahaan asal Jepang itu akan memasarkan ban tanpa udaranya untuk sepeda.

Tidak diperlukan lagi ban dalam sebagai penampung angin. Ban tanpa udara hanya terdiri dari bahan karet solid serta kisi-kisi plastik. Konsep ini sebenarnya bukan baru pertama kali hadir. Pada dasarnya ban pada kendaraan utilitas juga tidak menggunakan angin melainkan menggunakan bahan karet solid. Namun tentunya bobotnya menjadi bertambah berat.

Penggunaan ban dengan konsep tanpa udara diklaim memiliki keuntungan, di simple juga membuat perjalanan lebih halus karena ban ini mampu meredam guncangan lebih baik saat di jalan tidak rata. Pengguna sepeda juga tidak perlu khawatir lagi dengan ban bocor.

Jika suatu saat digunakan pada kendaraan bermotor, ban tanpa udara ini juga bisa meningkatkan efisiensi atau membuat bahan bakar lebih irit serta mengurangi risiko kecelakaan di jalan karena ban pecah.

Brigdestone menargetkan ban tanpa udara ini akan dijual mulai 2019. Bahkan, perusahaan itu juga mengupayakan agar ban ini bisa digunakan dalam Olimpiade Tokyo pada 2020.