Tahun Ini, Suzuki Bakal Rilis Swift Hybrid dan Sport

Suzuki Swift Hybrid. (Istimewa - caranddriver.com)
22 Juni 2017 13:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Suzuki bakal segera meluncurkan Swift versi Hybrid dan Sport.

Solopos.com, JAKARTA –Suzuki kabarnya akan meluncurkan Swift Hybrid dan Sport. Peluncuran akan dilakukan terlebih dulu di Jepang, rencananya tahun ini.

Dilansir Okezone, Kamis (22/6/2017), Suzuki Swift Hybrid yang dimaksud bukan varian mild-hybrid smart hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) seperti yang dipasarkan di Jepang, Australia, dan Eropa. Hybrid yang ditawarkan adalah kombinasi mesin konvensional dengan motor listrik.

Menurut salah seorang sumber yang dikutip dari Indianautosblog, performa Swift Hybrid berasal dari Solio Hybrid. Di mana mesin bensin Dualjet 1,2 liter yang menghasilkan tenaga 91 ps dan torsi 118 nm, dipasangkan MGU (motor generator unit). Di Solio yang baru, tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi AGS (Automatic Gear Shift) AMT-Automated Manual lima percepatan, buka CVT.

Berbeda dengan varian SHVS, Swift Hybrid bisa melaju dengan motor listik pada jarak dan kecepatan yang terbatas.

Sementara itu Swift Sport dilaporkan akan dibekali dengan mesin bensin 1,4 liter Boosterjet dengan berat yang lebih ringan dan lebih bertenaga. mesin ini menggantikan yang sebelumnya digunakan yaitu bensin 1.6L N/A VVT.

Berkat platform Heartect Swift Sport memiliki berat hanya 870 kilogram lebih baik dari Toyota GT-86. Belum ada kepastian apakah transmisinya hanya akan menggunakan manual enam percepatan atau otomatis saja.

Belum dilaporkan berapa harga dari kedua varian tersebut. Mengingat Suzuki Swift merupakan produk global, maka ada kemungkinan pemasarannya tidak hanya terbatas di Jepang saja, bisa juga ke negara-negara lain.

Pesaing dari Mazda2, Honda Jazz dan Toyota Yaris, juga dipasarkan di Indonesia. Ada dua varian yang ditawarkan yaitu Swift dan Swift GS. Keduanya dibekali mesin jenis K14B, DOHC, VVT berkapasitas 1.372 cc. Tenag maksimal yang dicapai oleh mesin adalah 95 ps pada 6.000 rpm dengan torsi 130 nm pada 4.000 rpm.

Tokopedia