Bukan Cuma Mobil Listrik, Toyota Juga Punya Mobil Hybrid dan Hidrogen

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
22 September 2017 13:30 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Toyota fokus mengembangkan mobil dengan sumber energi alternatif.

Solopos.com, TOKYO – Toyota memilih jalan berbeda dengan perusahaan automotif lain untuk mengurangi produksi kendaraaan dengan penggunaan bensin dan solar. Bila saat ini sedang gencar mobil listrik, maka Toyota lebih memilih menggunakan sumber energi alternatif, hidrogen.

Meski begitu, Toyota tetap bakal mengusahakan produksi mobil listrik dan hybrid. Public relations manager Toyota, Stephen Coughlan, mengatakan bahwa Toyota siap untuk mengikuti arah kemana industri ini akan berjalan.

"Kami memiliki gudang persenjataan yang besar, mulai dari hybrid hingga kendaraan berbahan bakar hidrogen dan listrik untuk diaplikasikan ke mobil pribadi. Dimensi mesinnya lebih kecil dari mesin bensin dan diesel konvensional. Jadi kami berada dalam posisi yang baik untuk memindahkan ke arah mana pun pasar berjalan dalam hal permintaan dan dalam hal infrastruktur," katanya, seperti dilansir Carscoops, Kamis (21/9/2017).

Ini bukan kali pertama Toyota mengeluarkan pernyataan yang sama. Dari pernyataan tersebut jelas terbukti bahwa sampai saat ini posisi Toyota masih sebagai salah satu pabrikan terlaris di dunia. Maka wajar saja jika Toyota tidak hanya mengembangkan satu pengerak roda saja tapi ada alternatif pilihan lain.

"Jelas bahan bakar hidrogen sebuah revolusi yang tidak langsung selesai dalam waktu singkat, tapi di dalam gudang senjata global kita, kita memiliki semua pilihan. Sementara merek lain memasukkan semua telur mereka ke dalam satu keranjang, atau belum memamerkan barang dagangan mereka tapi ada sesuatu yang ditawarkan," kata Coughlan.

Baik Volkswagen maupun Daimler, dan pabrikan mobil lainnya hanya berfokus pada kendaraan listrik untuk masa depan. Namun, hanya sedikit saja yang mengikuti jejak Toyota, seperti Hyundai, Honda, Kia dan Audi, yang juga mengerjakan kendaraan hidrogen dan listrik.

Untuk diketahui, saat ini Toyota memiliki Sedan Mirai yang merupakan mobil berbahan bakar hidrogen. Sedangkan untuk hybid dihuni oleh CH-R, Prius, Camry, dan Alphard. Sedangkan untuk listrik ada eQ

Tokopedia