Tesla Tarik 11.000 Mobil Listik Model X Gara-Gara Kabel Bangku Belakang

Mobil listrik Tesla Model X. (Teslamotor.com)
16 Oktober 2017 12:45 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Tesla menemukan bahwa ada kesalahan pemasangan kabel pada bangku baris kedua.

Solopos.com, NEW YORK – Produsen otomotif Tesla mengumumkan recall (penarikan) terhadap sekitar 11.000-an unit mobil Model X lantaran masalah pada bangku baris kedua. Dari hasil pengujian internal, Tesla menemukan bahwa ada kesalahan pemasangan kabel pada bangku baris kedua.

Dilansir Carscoops, Senin (16/10/2017), akibat kesalahan ini bangku belakang tidak bisa dikunci dalam posisi tegak dan apabila terjadi kecelakaan maka bisa secara tiba-tiba bergerak maju. Hal ini tentunya berpotensi dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Tesla mengatakan, Model X yang terindentifikasi masalah ini produksi antara tanggal 28 Oktober 2016 dan 16 Agustus 2017. Sampai saat ini perusahaan belum menerima laporan adanya kasus kecelakaan yang berkaitan dengan masalah tersebut. Tesla akan memberikan layanan perbaikan di dealer-nya.

Ini bukan kali pertama Tesla melakukan recall terhadap produknya. Sebelumnya pada 2015, perusahaan terpaksa menarik sedan Model S yang ada di seluruh dunia. Penarikan tersebut dilakukan terkait masalah pada sabuk keselamatan atau seat belt.

Pihak Tesla mengungkapkan, seat belt bagian penumpang depan bermasalah karena bisa terlepas. Produsen mobil listrik yang dipimpin Elon Musk itu memastikan seat belt pada bagian penumpang belakang aman.

Pada 2016 pihaknya juga sempat menarik Model S produksi 2012-2016. Recall dilakukan karena produk tersebut menggunakan airbag Takata.

Seperti diketahui, airbag Takata bisa mengembang secara berlebihan atau meledak saat kendaraan mengalami kecelakaan. Ledakan itu disertai dengan lontaran benda logam yang bisa mengenai wajah atau dada pengemudi serta penumpang depan.

Tokopedia