SEPEDA MOTOR NASIONAL : Motor Listrik Gesits Mulai Unjuk Gigi Tahun Depan

Prototipe skutik Gesits buatan ITS Surabaya. (Okezone.com)
22 Oktober 2017 20:45 WIB Rini Yustiningsih Otomotif Share :

Sepeda motor nasional Gesits menuai banyak pujian.

Solopos.com, SURABAYA -- Gesits merupakan motor listrik bikinan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama dengan Garansindo Group. Gesits digadang-gadang sebagai embrio sepeda motor nasional.

Gesits kali pertama dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Sampai saat ini skuter tersebut masih dalam bentuk prototipe, sedangkan versi produksinya masih disembunyikan sampai kuartal pertama tahun depan.

Dilansir dari Okezone, rencananya skuter listrik karya anak bangsa itu mulai dipasarkan pada kuartal kedua tahun depan.  Pada 2016 Garansindo Group membuka pemesanan lewat websitekhusus. Tercatat ribuan orang tertarik untuk melakukan pemesanan. Berhubung melonjaknya pemesanan maka pihak Garansindo Group menghentikan sementara, dan akan dibuka kembali setelah skuter listrik itu mulai diproduksi.

Melihat tingginya pemesanan, maka Garansindo Group memanfaatkannya dengan melakukan survei mengenai ketertarikan terhadap Gesits.

"Waktu itu sempat ada survei di website, apa alasan Anda membeli Gesits ada dua indikator tertinggi pertama karena buatan anak bangsa murni bukan hasil original equipment manufacturer (OEM) dari luar dan dirakit di sini. Kedua alasannya adalah masalah penghematan energi dan bebas polusi," ujar Chief Executive Officer (CEO) Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta belum lama ini.

Al mengaku cukup kaget dengan jumlah pemesanan dan hasil survei tersebut, padahal pihaknya tidak melakukan promosi ke konsumen justru sebaliknya konsumen yang banyak mencari tahu soal Gesits.

"Bukannya kami proaktif ke konsumen tapi konsumen yang proaktif ke kita. Makanya kami coba buka pemesanan online via website, pengin tahu saja ketertarikannya dari publik," ungkap Al.

Berdasarkan data terakhir, sekira 25 ribu unit Gesits sudah dipesan oleh korporasi. Sedangkan oleh konsumen umum hampir 9.000.

Skuter listrik Gesits akan diproduksi di salah satu fasilitas di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Pada tahap awal WIKA Industri dan Konstruksi akan memproduksi 50.000 unit Gesits per tahun yang akan dimulai pada 2018. Kapasitas produksi ke depannya akan ditingkatkan menjadi 100.000 unit.

Tokopedia