TIPS OTOMOTIF : Ini Bahaya Nyalakan AC Saat Mobil Dipanaskan

14 Januari 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Tips otomotif tentang bahaya menyalakan AC saat mobil baru saja dipanaskan.

Solopos.com, SOLO – Pendingin udara alias AC dalam kendaraan menjadi fasilitas yang sangat penting. Apalagi mengingat suhu udara di Indonesia yang cenderung panas. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti cara tepat menggunakan AC yang justru membahayakan kesehatan.

Dikutip Solopos.com dari Snopes, Selasa (9/1/2018), kebanyakan orang biasanya langsung menyalakan AC saat mobil baru dinyalakan dengan kondisi tertutup. Padahal, cara tersebut sangat berbahaya. Sebab, udara dingin yang keluar dari AC bercampur dengan yang ada di dalam mobil. Masalahnya bukan hanya panas, beberapa benda berbahan plastik termasuk pengharum di dalam mobil bereaksi langsung terhadap sinar matahari dan membentuk senyawa racun yang biasa disebut benzena.

Benzena yang terbentuk nantinya akan disebar oleh sirkulasi AC hingga akhirnya terhirup oleh orang  di dalam mobil. Sifatnya yang beracun ini, bakal memengaruhi kinerja ginjal dan hati. Benzena juga berpotensi meracuni tulang sehingga menyebabkan anemia dan penurunan sel darah putih. Semakin sering benzena terhirup, risiko terkena leukemia pun semakin tinggi. Sementara bagi ibu hamil, benzena dapat menggugurkan bayi yang ada di dalam kandungan.

Kondisi ini akan lebih berbahaya jika freon AC kendaraan Anda bocor. Di mana kerusakan tersebut dapat menyebabkan paparan karbon monoksida, gas berbahaya yang sangat mematikan. Gas ini tidak berbau dan berwarna, sehingga kebanyakan orang cenderung tidak menyadari adanya bahaya yang sedang mengancam jiwa.

Guna menghindari hal tersebut, Anda harus melakukan perawatan AC pada mobil secara rutin. Selain itu, Anda juga harus mengecek kondisi spare part mobil Anda. Jika tak mau repot pergi ke bengkel, Anda bisa membenahi kerusakan mobil di rumah. Anda hanya perlu beli spare part mobil di https://www.tokopedia.com/p/otomotif" target="_blank">toko otomotif online.

Jika kerusakannya sudah parah, ada baiknya Anda mengganti mobil itu. Anda bisa https://www.tokopedia.com/p/otomotif/mobil">beli mobil baru dan bekas sesuai keinginan dan kemampuan finansial. Semua kebutuhan spare part mobil itu bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs jual beli online, Tokopedia. Semua transaksi yang dilakukan di Tokopedia dijamin aman dan nyaman. Tunggu apalagi, https://www.tokopedia.com/">jual beli aman nyaman #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.

 

Tokopedia