Akhirnya Dirilis, Ini Detail Interior dan Fitur Datsun Cross

19 Januari 2018 10:45 WIB Otomotif Share :

Datsun Cross dilengkapi fitur-fitur baru di kelasnya.

Solopos.com, JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan compact crossover Datsun Cross yang menjadi model ketiga yang diperkenalkan lewat jenama Datsun di Indonesia.

Datsun Cross hadir tidak hanya dengan wajah dan transmisi CVT yang berbeda dengan model sebelumnya, namun dilengkapi fitur-fitur baru di kelasnya, salah satunya adalah Vehicle Dynamic Control (VDC) yang menjadi fitur standar di semua varian.

Dimulai dari desain eksterior, Datsun Cross memang tetap mempertahankan ciri khas honeycomb grille, namun dibuat lebih dalam dan menonjol agar memberikan kesan agresif dan menekankan garis kap mesin yang lebih tinggi.

Lampu depan Datsun Cross yang berbentuk seperti mata elang telah menggunakan proyektor dan berpadu dengan daytime running light. Lampu juga akan menyala otomatis saat melintasi jalanan yang gelap.

Mobil ini dilengkapi cladding dan perlindungan body bagian bawah guna melindungi kerusakan akibat pecahan batu atau lumpur. Adapun di depan dan belakang ditempatkan skidplate memanjang yang membentuk bumper.

Datsun Cross hadir dalam tujuh warna pilihan, termasuk dua warna metalik baru, amber dan copper, untuk melengkapi lima warna lainnya yaitu putih, hitam, abu-abu, merah dan perak.

Roof rail yang terpasang mampu menahan beban hingga 30 kilogram untuk keperluan perjalanan jauh. Sedangkan ground clereance setinggi 200mm dengan velg berukuran 15inci membuat mobil ini siap dikendarai di berbagai medan jalan.

Interior

Bagian dalam kabin Datsun Cross mengombinasikan warna silver dan hitam guna memberikan kesan elegan sekaligus sporty.

Aksen silver terlihat pada panel instrumen yang minimalis dengan center console mutli-fungsi yang memudahkan pengemudi mendapatkan ragam informasi.

Mobil ini juga menyediakan ruang penyimpanan berkapasitas 10,5 liter antara lain di kantung pintu, untuk penyimpanan uang logam, meletakan botol air minuman berukuran 1 liter, tempat cangkir, hingga kotak dengan penutup.

Mobil yang memuat lima orang dewasa dengan kursi tambahan di baris ketiga yang cocok memuat anak-anak itu juga menawarkan ruang kabin yang lebih senyap ketimbang versi Datsun sebelumnya.

Datsun Cross menggunakan suspensi depan pivot ganda lower arm dan suspensi belakang twis beam yang tidak sekadar memberikan kenyamanan, namun juga memberikan kelapangan ruang kabin karena suspensi itu ditempatkan tidak masuk ke ruang lantai mobil.

Fitur baru

Keselamatan menjadi perhatian utama Datsun saat merancang Cross. Pertama di kelasnya, mobil ini menggunakan Vehicle Dynamic Control (VDC) yang menjadi standar di semua varian.

Fitur tersebut dikendalikan komputer dan sensor dengan fitur lain yaitu ABS, electronic brake distribution (EBD), brake assist, traction control, dan brake-limited slip differential.

ABS mencegah roda terkunci saat pengereman kuat, sedangkan EBD memastikan distribusi merata dari tekanan rem di semua mondisi. VDC juga menggunakan sensor pengereman guna memperlambat satu roda atau lebuh serta mengatur mesin untuk mengurangi torsi guna membatasi kehilangan traksi saat membelok dalam kecepatan tinggi.

Mesin

Datsun Cross menggunakan mesin 1.200cc dengan 68/78 hp bertorsi 104 Nm yang menawarkan kinerja optimal namun tetap hemat bahan bakar. Mobil ini menggunakan rasio kompresi yang lebih tinggi guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Mesin tersebut menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi manual lima percepatan. Datsun juga menawarkan transmisi X-Tronic CVT sehingga memudahkan pengemudi di perkotaan.

Transmisi CVT itu juga diklaim responsif pada kecepatan rendah namun mampu menjaga efisiensi bahan bakar pada kecepatan tinggi berkat low engine revs yang membuat rasio gear menjadi lebih panjang.

Presiden Direktur NMI, Eiichi Koito, menjelaskan Datsun Cross ditawarkan dengan harga mulai Rp163 juta dan proses distribusi pertama akan dilaksanakan pada Maret 2018.

Dimensi Datsun Cross:


  • Tinggi: 1.560mm

  • Lebar: 1.670mm

  • Panjang: 3.995mm

  • Jarak Sumbu Roda: 2.450mm

  • Ground Clereance: 200mm

  • Radius putar: 4,6 m


https://www.youtube.com/watch?v=DvrOj-tYgwE

Tokopedia