Teknologi Nissan Leaf Bakal Dijajal di Bus Listrik

20 Januari 2018 14:30 WIB Otomotif Share :

Bus yang dinamai Yoka ECO Bus itu disemati tiga baterai, tiga mesin listrik dan inverter dari Nissan Leaf.

Solopos.com, TOKYO – Teknologi yang dikembangkan dan diterapkan oleh Nissan untuk mobil listrik mereka, Nissan Leaf, bakal diuji untuk dipakai pada proyek bus listrik Jepang yang memasuki masa uji coba pada Februari 2018.

Inisiatif yang dipimpin Universitas Kumamoto tersebut mengumpulkan sejumlah talenta dan ahli dari industri otomotif, pemerintah dan akademisi, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Okezone melaporkan proyek itu menjadi bagian dari kerja sama Universitas Kumamoto dengan Kementerian Lingkungan Jepang yang bertujuan untuk menekan atau menghilangkan sama sekali emisi karbondioksida dan berbagai gas buang lainnya dari kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk.

Uji coba dijadwalkan berlangsung di Kumamoto, bagian barat Jepang, pada Februari.

Penggunaan teknologi mobil listrik yang sudah diterapkan Nissan Leaf dalam proyek tersebut dimaksudkan untuk mengurangi biaya yang bisa melambung tinggi dalam upaya pengembangan berbagai komponen termasuk baterai dan mesin listrik.

Bus yang dinamai Yoka ECO Bus itu disemati tiga baterai, tiga mesin listrik dan inverter dari Nissan Leaf. Nissan juga mengembangkan gearbox khusus untuk bus tersebut sembari memberikan dukungan teknis.

"Kami berharap bisa meningkatkan kualitas lingkungan di Jepang dengan mengaplikasikan standar pengembangan bus listrik memanfaatkan bantuan dari pabrikan otomotif yang sudah lebih paham," kata pimpinan proyek sekaligus tenaga pengajar di Universitas Kumamoto, Toshiro Matsuda.

Tokopedia