Honda Genjot Penjualan Sport Lewat CRF Series

25 Januari 2018 22:55 WIB Holy Kartika Nurwigati Otomotif Share :

Produk motor adventure CRF150 secara nasional langsung mampu menarik perhatian

Harianjogja.com, JOGJA-Pasar motor sport di kelas adventure di tahun ini diprediksi akan tumbuh. Kendati masih inden, Honda CRF150 diharapkan dapat menggenjot segmen sport Honda pada 2018.

"Di tengah lesunya pasar otomotif, hadirnya produk baru di akhir tahun cukup memberikan penjualan Honda menjadi lebih baik, yakni Honda CRF150 dan CRF250," ujar Marketing Manager Astra Motor Yogyakarta Budi Hartanto, Selasa (23/1/2018).

Budi memaparkan, produk motor adventure CRF150 seusai diluncurkan secara nasional langsung mampu menarik perhatian konsumen sepeda motor Honda. Kendati produk ini akan mulai dilepaskan ke pasaran pada Februari ini, namun peminat sepeda motor ini sudah banyak yang mengantre.

Lebih lanjut Budi memaparkan, potensi pasar sepeda motor ini sangat besar. Jumlah inden atau konsumen yang sudah membayar uang muka adan kurang lebih 200 unit per awal Januari lalu. "Untuk yang prospek, yakni baru sebatas konfirm dan tinggal menunggu pembayaran uang muka ada 180 unit," ungkap Budi.

Selama ini, segmen motor sport Honda baru memberikan kontribusi kurang lebih sekitar 7% terhadap total penjualan produk Honda. Sedangkan kontribusi terbesar masih didominasi dari produk sepeda motor matik, terutama di kelas Honda Beat dengan penguasaan penjualan sebesar 84%.

Pada tahun ini, upaya menggenjot penjualan segmen sport di semua kelas akan dilakukan Honda di wilayah Jogja, Kedu dan Banyumas. Budi memaparkan, angka kontribusi penjualan segmen sport yang baru 7% ini, jika dilihat dari segmen adventure dengan penjualan rerata sekitar 200 unit dinilai cukup lumayan dibandingkan produk kompetitor.

"Kami meyakini pada 2018 ini, penguasaan motor sport Honda akan jauh lebih baik. Sekarang ini pangsa pasar motor Honda sudah sekitar 58 persen, di atas kompetitor. Target kami bisa mencapai 80 persen," papar Budi.

Sementara itu, segmen adventure ini sejak diluncurkan untuk para pencinta petualangan telah memberikan sumbangsih besar bagi AHM. Pada awal tahun tepatnya Februari 2017, Flagship motor adventure tourer Honda CRF1000L Africa Twin dan Honda CRF25RALLY yang memiliki DNA Rally Dakar dirilis di Indonesia.

Kehadiran CRF Series dengan meluncurkan All New Honda CRF150L yang mengusung konsep sport On-Off, juga mampu mencuri pasar nasional. Model ini  yang secara perdana mengaspal pada November tahun lalu terjual melampaui target penjualan bulanan yang dipatok di angka 3.000 unit. Dalam dua bulan terakhir 2017, model ini tercatat telah terjual sebanyak 6.942 unit.