Begini Cara Aman Pelajar Naik Sepeda Motor Jelang Ujian Nasional

21 Maret 2018 08:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Otomotif Share :

Supervisor safety riding Honda Jawa Tengah berbagi tips aman berkendara.

Solopos.com, SOLO – Kecenderungan anak-anak SMA atau sederajat mengendarai sepeda motor saat berangkat ke sekolah suatu hal yang tak terhindarkan lagi. Kurangnya kesiapan remaja dalam mengendarai sepeda motor sangat berisiko menciptakan kecelakaan.

Sekarang ini, rentang waktu bulan Maret dan April adalah masa-masa sekolah mengadakan ujian akhir.  Tekanan saat ujian bisa membuat emosi para remaja tak stabil.

Apabila mereka kurang cermat saat berkendara berangkat sekolah untuk ujian, bisa berisiko terhadap keselamatan mereka. Oleh karena itu perlu perhatian keselamatan berkendara bagi anak-anak SMA atau sederajat yang berkendara motor.

Nah, Solopos.com mendapat tips aman berkendara langsung dari pakarnya. Dalam pesan tertulis yang diterima Solopos.com, Senin (19/3/2018), Supervisor Safety Riding Honda Jawa Tengah, Oke Desiyanto, membagi tips aman berkendara dalam dua garis besar, yaitu pemeriksaan sepeda motor, dan kesiapan pengendara.

Mau Tahu Info Lainnya Yuk Ikuti
https://www.facebook.com/hondamotorjateng">Facebook Honda Motor Jateng
https://www.instagram.com/hondajateng/">Instagram @HondaJateng
https://www.youtube.com/channel/UCJOKlXJsD-wj5mBMQddqJpg/featured">Youtube Honda Jateng

Pemeriksaan Sepeda Motor

Bagi anak-anak SMA atau sederajat yang biasa bermotor ke sekolah, pastikan mempersiapkan sepeda motor H-1 sebelum hari keberangkatan. Jangan memeriksa motor di pagi hari menjelang keberangkatan.

“Sebaiknya mempersiapkan sore hari saat waktu luang, pemeriksaan hanya butuh waktu tiga sampai lima menit. Sehingga hari esok saat berangkat ujian sepeda motor sudah keadaan siap,” jelas Oke.

Hal-hal yang perlu diperiksa mulai dari roda. Pastikan tekanan ban normal, kedalaman alur ban minimal 2 mm. Hal ini perlu diperhatikan karena ban yang alurnya sudah tipis mudah selip saat melintasi jalan basah.

Baca Juga:
http://www.solopos.com/2018/02/28/motor-bebek-vs-matik-mana-yang-terbaik-898824" target="_blank">Pilih Bebek atau Matik?
http://www.solopos.com/2018/02/05/begini-cara-aman-naik-sepeda-motor-saat-hujan-deras-891439" target="_blank">Begini Cara Aman Naik Sepeda Motor Saat Hujan Deras
http://www.solopos.com/2018/03/11/keren-santri-smk-azzahro-kendal-khusyuk-modifikasi-sepeda-motor-901965" target="_blank">Santri SMK Azzahro Kendal Khusyuk Modifikasi Sepeda Motor 
http://www.solopos.com/2018/02/04/begini-cara-honda-astra-motor-kampanyekan-safety-riding-891214" target="_blank">Begini Cara Astra Honda Motor Kampanyekan Safety Riding

Untuk rem, pastikan dalam kondisi baik. Periksa kondisi sekitar master rem atau kaliper rem, pastikan tidak ada kebocoran oli rem. Pastikan lampu dan klakson menyala normal.

Untuk kondisi mesin pastikan mesin normal dalan kondisi stasioner rata atau langsa. Dalam kata lain mesin tetap menyala tanpa ditarik gas. Terakhir pastikan bahan bakar terisi cukup.

Kesiapan Pengendara

Dari segi pengendara, pastikan kondisi fisik sehat, surat-surat seperti SIM dan STNK lengkap dan sah. Simpah di tempat khusus agar tidak tertinggal. Gunakan jaket warga cerah agar mudah terlihat dan pakai helm SNI.

Pastikan ada jas hujan di bagasi motor, pastikan saat turun hujan dan hendak menempi  nyalakan lampu sign dan periksa kondisi jalan sebelum menepi. Saat akan berangkat pastikan Anda memiliki rentang waktu yang cukup sehingga terhindar dari perasaan tergesa-gesa.

Gunakan lajur kiri untuk pemotor, ingat! Lajur kanan hanya untuk mendahului. Sebelum mendahului, gunakan kaca spion untuk memastikan kondisi belakang aman. Kenali jalur berbahaya dan kondisi jalan. Simpan ponsel dan earphone di tas. Jangan mendengarkan musik atau menerima telepon saat berkendara.

 

 

 

 

 

 

Tokopedia