Tak Begitu Laku, Sedan Ini Berhenti Diproduksi Toyota

Mobil sedan Toyota Avensis. (Istimewa - Auto Express)
03 April 2018 01:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, TOKYO - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, berhenti memproduksi sedan Avensis setelah 21 tahun eksis. Mobil yang tak begitu populer ini sempat diproduksi untuk pasar Eropa.

Dilansir Visordown, Senin (2/4/2018), tidak seperti mobil Ford Mondeo, Opel/Vauxhall Insignia, Volkswagen Passat, atau Skoda Superb, Toyota Avensis tidak begitu populer. Bahkan Toyota hanya mampu menjual 25.319 unit Avensis di seluruh Eropa tahun lalu, atau setengah dari apa yang dicapai Mondeo.

Avensis terakhir diperbarui pada akhir 2016. Kendaraan ini menerima cat merah dan velg 18 inci baru. Toyota Avensis yang dibuat di Inggris, penjualannya turun pada tahun lalu menjadi 3.473 unit. Ini merupakan penurunan 1.660 unit dari penjualan tahun sebelumnya.

Sementara di seluruh Eropa hanya terjual 25.319 unit Avensis pada 2017. Angka tersebut merupakan setengah dari angka penjualan model Mondeo yang berhasil dijual Ford pada periode yang sama.

Bos Toyota Eropa Johan van Zyl baru-baru ini mengatakan perusahaan belum memutuskan apa yang akan terjadi di masa depan untuk Avensis. Sedangkan Juru Bicara Toyota Eropa telah mengkonfirmasi pihaknya sedang memantau mobil segmen-D karena mengalami penurunan.

Hal itu menunjukkan model Avensis tidak akan diproduksi lagi dan tidak akan ada penggantiannya dari model sedan menengah ini. Diperkirakan celah itu akan diisi versi sedan dari Auris karena model ini sudah dijual di Amerika dengan nama Corolla.

Namun untuk segmen kompak juga dalam ancaman karena penjualannya terus menurun. Itulah yang terjadi pada model Dogde Dart dan Chrysler 200 yang sekarang sudah tidak ada lagi.

Raksasa otomotif Jepang ini mengaku sangat sensitif dalam masalah penjualan. Bahkan Toyota telah mengumumkan semua model diesel akan dikeluarkan dari portofolio mereka pada akhir tahun ini karena perusahaan sedang berinvestasi pada teknologi hybrid dan listrik.

Tokopedia