Toyota Luncurkan Generasi Terbaru Vios

Dashboard Toyota New Vios (Toyota)
03 April 2018 16:45 WIB Muhammad Khadafi-Bisnis Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Vios. Generasi terbaru Vios tersebut dibanderol dengan harga lebih tinggi dari sebelumnya.

Varian terendah New Vios mengalami kenaikan harga sekitar 5% menjadi Rp276,2 juta, sementara model paling tinggi turun 0,49% menjadi Rp326 juta.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan kehadiran New Vios merupakan satu bentuk strategi perusahaan mengincar segmen sedan entry level.

“New Vios hadir dengan advance dan emotional desain serta fitur keamanan terlengkap yang tersedi pada seluruh varian Vios,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (3/4/2018).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepajang 2017 penjualan pabrik ke diler Vios turun 30,73% menjadi 746 unit. Mobil ini menguasai 41,42% pasar sedan entry level.

Kompetitor utama Vios adalah Honda City yang menguasai 56,86% segmen tersebut. Senasib dengan Vios, pasokan ke diler mobil yang dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor itu turun 15,58% menjadi 1.024 unit.

Vios generasi keempat ini mengusung tema elegan dan nyaman. Interior New Vios didominasi warna beige yang diharapkan Toyota memberikan aura mewah.

Di dalam kabin, didukung oleh 7 inci HD Display, DVD, serta koneksi iPod dan ponsel melalui USB, AUX, dan miracast. Selain itu, sistem hiburan dilengkapi juga dengan konektivitas internet Weblink, dan kontrol melalui aplikasi ponsel pintar.

Dari segi eksterior, TAM mengklaim garis desain New Vios tampak berkelas. Didukung front grille elegan dengan garis horizontal berukuran semakin ke atas dan semakin besar. Selain itu juga ditambah dengan desain lampu depan yang membuat tampilan mobil ini terlihat lebih tajam dan sportif.

Di balik kap mesin terselip 2NR-FE dengan teknologi dual VVT-i 1.500 cc. Dapur pacu ini menghasilkan 105 tk dan torsi 140 Nm. Toyota mengklaim mesin terasa lebih bertenaga dengan tingkat kebisingan lebih rendah dibandingkan model lama.

New Vios telah dibekali tujuh kantong udara. Mobil ini juga mendapat tambahan fitur, seperti vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA) dan emergency brake signal (EBS). Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 poin sabuk pengaman pada semua kursi penumpang.