Begini Detik-Detik Mobil Autopilot Uber Tabrak Orang

Mobil autopilot Uber yang menabrak pejalan kaki di Arizona, Amerika Serikat. (Istimewa - Foxnews)
04 April 2018 00:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, CALIFORNIA - Uji coba mobil tanpa sopir memakan korban seorang pejalan kaki. Seorang pejalan kaki tewas ditabrak mobil otonom Uber.

Dilansir Paultan, Selasa (20/3/2018), penggunaan mobil tanpa sopir kini diperdebatkan setelah Uber otonom menabrak mati wanita pejalan kaki di jalan di Arizona, Amerika Serikat (AS) Senin lalu. Meski kasus itu berakhir damai, namun video detik-detik kejadian tersebut tetap dirilis.

Dilansir Reuters, Senin (4/2/2018), Video itu merupakan rekaman kamera on-board mobil Volvo XC90 yang dijadikan taksi Uber. Uber berjenis SUV itu melaju dengan kecepatan 62 Km/Jam di jalan yang gelap. Sementara di dalamnya tampak duduk seorang pria yang sesekali menunduk kemudian lanjut melihat ke arah depan.

Rekaman itu juga menunjukkan mobil berjalan di jalan sepi namun gelap. Lalu dari arah yang gelap tiba-tiba terlihat seorang perempuan menyeberang sambil menuntun sepeda.

Tabrakan pun tak terhindarkan. Sementara pria yang ada di dalam mobil tampak terkejut karena kejadian tersebut.

Tanggapan Parlemen

Kasus kecelakaan itu menunjukkan bahwa masih ada hambatan tertentu dalam persiapan teknologi, terutama yang melibatkan situasi manusia yang sebenarnya, serta menunjukkan bahwa itu masih belum siap diluncurkan.

Kecelakaan tersebut juga memicu reaksi cepat dari anggota parlemen yang sebelumnya memperdebatkan apakah ingin mengesahkan undang-undang yang akan mempercepat penggunaan mobil otonom di AS.

"Kecelakaan tragis ini menjadi peringatan bagi kita untuk berhati-hati saat melakukan tes dan meluncurkan teknologi kendaraan self-drive di jalan," kata Senator Demokrat Edward Markey dari Massachusetts.