Volkswagen Mulai Produksi SUV T-Cross 2018

SUV Volkswagen T-Cross. (Istimewa - Indiasautoblog.com)
06 April 2018 00:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, SAO PAULO - Volkswagen (VW) berencana memproduksi kendaraan sport (SUV) pertamanya di Brasil guna menyambut pulihnya pasar otomotif di Amerika Selatan. VW mengumumkan akan menginvestasikan US$595 juta untuk memproduksi SUV kompak T-Cross di pabrik Sao Jose dos Pinhais di Brasil selatan.

Dilansir Reuters, Kamis (5/4/2018), VW akan mulai menjual T-Cross pada paruh pertama 2019, katanya, kemudian menambahkan bahwa proyek itu merupakan bagian dari investasi yang direncanakan hingga 2020 untuk menyegarkan kembali lini produk dalam "peluncuran produk ofensif terbesar yang pernah ada" di Brasil.

Kendati demikian, Honda yang menjadi kompetitor VW di Amerika Selatan memperingatkan bahwa pulihnya pasar belum sejalan dengan prospek pertumbuhan."Meskipun pasar lokal baru-baru ini pulih, prospek pertumbuhan tetap di bawah volume yang diperkirakan sebelumnya," kata pernyataan Honda.

Pangsa pasar VW di Brasil menyusut dalam dekade terakhir setelah pemain otomotif pendatang baru membuka pabrik-pabrik lokal saat resesi terjadi. Pemulihan yang didorong ekspor di sektor tersebut sejak tahun lalu dan tingkat suku bunga rendah telah membuka harapan bagi beberapa pembuat mobil global.

Honda mengatakan secara terpisah akan mengkonsolidasikan semua produksi kendaraan di pabrik Itirapina, dengan mengubah pabrik berusia 20 tahun di Sumare yang semula membuat kendaraan kemudian memproduksi mesin dan sukucadang lain.

Transisi itu dinyatakan harus selesai pada 2021 untuk pabrik yang keduanya terletak di negara bagian Sao Paulo.

Honda mengumumkan pabrik Itirapina terbaru pada awal dekade ini sebagai cara untuk menggandakan kapasitas di Brasil, guna menjawab meledaknya permintaan domestik kendati sempat terjadi penurunan yang mengganggu rencana tersebut, kata seorang petugas media pada Rabu kemarin.

Pabrik Honda di Itirapina selesai pada April 2015 dengan kapasitas produksi 120.000 kendaraan per tahun yang terbelah dalam dua shift, demikian Reuters.

Tokopedia