Motor Sering Mogok? Cek 4 Spare Part Ini

Ilustrasi spare part motor (Pinterest)
14 April 2018 07:40 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini, kondisi cuaca memang tidak bisa diprediksi. Pada siang hari biasanya matahari sangat terik dan membuat udara panas. Sementara di malam hari bisa saja hujan turun begitu deras. Namun, terkadang bisa juga hujan mengguyur di saat cuaca terik.

Nah, bagi Anda yang biasa bepergian mengendarai sepeda motor perlu waspada. Jangan sampai kuda besi Anda mogok di tengah jalan saat hujan turun. Sebab, air hujan memang dapat merusak spare part motor. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan motor dalam kondisi prima saat hendak dikendarai.

Apa saja jenis spare part yang butuh perhatian ekstra? Dihimpun Solopos.com dari The Bike Insurer, Jumat (3/11/2017), berikut beberapa jenis sparepart motor yang sering rusak:

Busi

Busi merupakan salah satu sparepart yang paling sering rusak. Padahal, benda kecil ini memiliki peran yang besar bagi motor. Busi biasanya mati jika terkena cairan. Oleh sebab itu, Anda harus ekstra hati-hati saat berkendara menerjang hujan. Jangan sampai rongga busi kemasukan air dan membuat motor mogok. Anda tentu tidak ingin mendorong motor ke bengkel saat hujan lebat bukan?

Aki

Selain busi, aki juga memegang peranan penting pada motor, khususnya jenis automatic. Jika aki lemah, maka Anda akan kerepotan saat hendak menyalakan mesin. Selain itu, aki yang lemah membuat fungsi lampu dan klakson menurun. Suara klakson akan sangat lirih dan lampu meredup. Jika sudah seperti ini, Anda harus membawa motor ke bengkel untuk diservis.

Kampas rem

Bagian yang satu ini memang paling cepat rusak. Salah satu hal yang membuat benda ini cepat aus adalah setelan pada rem. Jika disetel terlalu kencang, maka benda ini akan lebih cepat terkikis. Tapi, jika terlalu kendor akan berbahaya bagi keselamatan Anda. Jika ingin benda ini awet, maka pakailah kampas rem yang berkualitas. Beli kampas rem yang asli di bengkel, atau situs jual beli online aman dan terpercaya.

Rantai

Terakhir adalah rantai. Sebenarnya benda yang satu ini cukup tahan lama dibandingkan spare part lainnya. Namun, Anda perlu memperhatikan setelannya. Jangan memasang rantai terlalu kencang. Oleskan pula oli secara berkala agar rantai tidak mengering. Rantai yang kering biasanya akan menimbulkan bunyi berisik. Jika dibiarkan, lama kelamaan rantai bakal putus.

Semua jenis spare part di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs jual beli sepeda motor terpercaya, Tokopedia. Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan untuk motor kesayangan di marketplace terbesar di Indonesia itu. Jadi, tunggu apalagi lengkapi kebutuhan motor dimulai dari Tokopedia.

Tokopedia