Mengulik Motor Termahal di IIMS 2018

Sepeda motor buatan BMW, HP 4 Race, mejeng di depan both BMW Motorrad pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta Pusat, 19-24 April 2018. (Solopos - Imam Yuda S.)
28 April 2018 14:20 WIB Imam Yuda Saputra Otomotif Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Parade motor-motor gede (moge) atau big bike mewarnai ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis-Minggu (19-29/4/2018). Namun, dari sekian banyak motor yang tampil ada satu yang cukup menyita perhatian pengunjung.

Motor itu tak lain adalah HP4 Race, produk asal pabrikan Eropa, BMW. Motor berkapasitas mesin 1000 cc itu menjadi motor termahal yang terjual selama penyelenggaraan pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut. Motor yang hanya ada satu-satunya di Indonesia itu laku terjual dengan harga fantastis mencapai Rp2,154 miliar.

"Sudah laku terjual, sejak dua hari yang lalu [Rabu, 25 April 2018]. Terjual kepada salah penggemar BMW di Indonesia," ujar Branch Manager Maxindo Indonesia, selaku dealer BMW Motorrad, M. Iqbal, saat dijumpai Semarangpos.com di sela pameran IIMS.

Iqbal tidak menyebutkan secara detail data pembeli motor berkekuatan 215 tenaga kuda (horse power) tersebut. Hal itu dilakukan demi menjaga keamanan dan privasi si pembeli. Meski demikian, ia mengaku jika pembelinya tersebut sudah sejak lama menggemari motor-motor besar buatan BMW.

"Lebih ke prestige sih kalau BMW. Selain itu cc-nya juga besar dan nyaman dikendarai. Kebetulan dia sudah lama naksir motor ini dan saat IIMS dia membelinya," terang Iqbal.

Iqbal mengatakan HP 4 Race hanya dibuat sekitar 750 unit di dunia. Motor yang dipajang di IIMS itu merupakan produk ke-114 dan satu-satunya yang mengaspal di Indonesia. Motor itu menghiasi pameran IIMS selama 10 hari. Motor dengan tampilan racing dan memiliki bobot 146 kg itu mejeng di depan both BMW Motorrad di depan big bike BMW lainnya, seperti G310 GS yang dibanderol dengan harga on the road (OTR) Rp146 juta.

Sales Marketing BMW Motorrad, Zul, menyebutkan HP4 Race memang didesain khusus sebagai motor balap. Motor itu kerap digunakan oleh pembalap Superbike. "Motor ini bisa dipacu hingga 310 km per jam. Sangat cocok digunakan di trek balap. Tampilannya memang menarik karena sudah full racing," ujar Zul.

Selain HP4 Race, sebenarnya ada banyak moge yang dibanderol dengan harga fantastis selama perhelatan IIMS. Beberapa motor itu antara lain produk milik Honda Gold Wings yang dibanderol dengan harga sekitar Rp1 miliar.

Motor yang baru dirilis Honda di ajang IIMS itu memiliki kapasitas mesin 1.800 cc dan bakal menjadi penantang produk Harley Davidson di Indonesia. Selain Gold Wings, Honda juga memajang motor yang dikendarai Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP, yakni RCV 213.

Motor milik Marc Marquez itu dibanderol dengan harga sekitar Rp7,3 miliar. Sayangnya, Honda tak berniat menjual motor ini dan hanya menjadikannya sebagai pemanis di ajang IIMS 2018.

"Kami memang belum berniat memasarkan produk ini [RCV 213] di Indonesia. Tapi kalau ada yang berminat, kami siap mengupayakan," tutur Manager Big Bike Astra Motor Jateng, Andronicus Kosasih.

Tokopedia