Menengok Diler Big Bike Honda Terlaris di Tanah Air

Staf Coorporate Communication (Corcom) Astra Motor Jateng, Gusi Ayu Putri, menjajal prototipe motor pembalap MotoGP, Marc Marquez, di dealer Astra Motor Honda di kawasan Astra Biz Center, Tangerang, Jumat (1/5 - 2016). (Solopos Imam Yuda S.)
03 Mei 2018 08:20 WIB Imam Yuda Saputra Otomotif Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Jika dilihat sepintas tak ada perbedaan yang mencolok antara diler sepeda motor Honda di kawasan Astra Biz Center (ABC), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, dengan diler lain milik Honda di Indonesia.

Terletak di pinggir jalan raya, diler Honda di kawasan ABC itu juga menyajikan sederet produk unggulan Honda lengkap dengan fasilitas bengkel dan ruang tunggu yang nyaman bagi customer. Meski demikian, berbeda dengan diler lain milik Honda, di diler ABC itu banyak dipajang motor-motor besar atau yang kerap disebut big bike.

Berbagai jenis big bike, mulai dari CMX500 Rebel hingga RCV213 yang digunakan pembalap Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP, mejeng di diler yang dibangun lahan seluas 1240 m2 itu.

Direct Sales Sub Departement Head Astra Honda Motor (AHM) sekaligus Kepala Diler Honda ABC, Andy Susanto, mengaku dilernya memang lebih fokus memasarkan produk big bike. Hal itu dikarenakan mayoritas konsumen yang datang ke dealernya membeli produk big bike.

“Yang paling laris atau banyak dicari konsumen adalah CMX 500 Rebel. Total dari 64 bike big yang kami jual sejak Agustus lalu hingga sekarang, hampir 50% membeli CMX 500 Rebel,” ujar Andy saat dijumpai Semarangpos.com di dealer AHM, kawasan ABC, Jumat (27/6/2018).

Diler Honda di kawasan ABC itu sebenarnya baru dibuka pada 12 Agustus 2016 lalu. Namun, angka penjualannya sudah melebihi ekspektasi, terutama untuk jenis motor besar atau yang memiliki kapasitas mesin 500 cc.

Sejak dibuka pertengahan Agustus, diler Honda ABC sudah mampu menjual sekitar 64 motor besar yang harga jualnya rata-rata di atas Rp140 juta. Jumlah penjualan motor besar diler Honda ABC itu pun lebih besar dua kali lipat dibandingkan angka yang berhasil dibukukan diler Honda di daerah lain, seperti Astra Motor Jateng yang hanya mampu menjual big bike sekitar 33 unit selama 2017 lalu.

Andi pun membeberkan kunci keberhasilan dilernya dalam penjualan motor besar. Selain terletak di kawasan elite, pihaknya kerap merangkul komunitas pengendar motor gede (moge) di dilernya.

Komunitas pengendara moge ini pun kerap menggelar gathering atau acara lainnya di diler Honda ABC. Ruang gathering yang dilengkapi TV dengan layar berukuran 1.600 inci, dan sofa empuk yang melingkar di beberapa sudut ruangan lantai kedua, membuat anggota komunitas moge betah berlama-lama di diler tersebut.

Selain itu, mereka juga bisa berswafoto atau selfie dengan berbagai motor besar milik Honda yang dipajang di lantai kedua diler tersebut. Dari sekian banyak motor yang dipamerkan, yang paling laris menjadi incaran para pengunjung untuk berfoto tentunya motor prototipe RCV213 yang digunakan Marquez saat menjuarai MotoGP 2014. Selain motor, pengunjung juga bisa berfoto dengan boneka yang mengenakan wearpack milik Marquez yang digunakan saat tampil di ajang balap motor dunia itu.

“Kebetulan pertengahan 2017 lalu, Marquez dan Dani Pedrosa juga turut datang ke diler ini. Selain motor, ia juga meninggalkan wearpack-nya untuk dipajang di diler ini,” ujar Andy. 

Tokopedia