Toyota Bangun Fasilitas Uji Coba Kendaraan Tanpa Sopir

Konsep mobil otonom Toyota. (Reuters)
06 Mei 2018 12:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Otomotif Share :

Solopos.com, MICHIGAN - Pabrikan otomotif dunia menujukkan keseriusannya mengembangkan kendaraan otonom. Toyota menjadi salah satu yang bersaing di segmen ini dengan menginvestasikan sejumlah besar uangnya untuk merancang mobil tanpa supir ini.

Toyota Motor Corp tengah membangun fasilitas uji berkendara tertutup di Michigan untuk mengetes kendaraan otonom atau swakemudi guna menghindari potensi bahaya kecelakaan apabila dilakukan di jalan umum. Fasilitas di Ottawa Lake yang dibangun oleh Toyota Research Institute itu akan beroperasi pada Oktober tahun ini.

Tokopedia

"Lokasi baru ini memberikan keleluasaan bagi kami untuk menyesuaikan skenario mengemudi yang akan mendorong sampai batas teknologi dan membuat kami kian dekat dalam membayangkan kendaraan yang digerakkan manusia yang tidak bisa menyebabkan kecelakaan," kata wakil presiden senior Toyota Research Institute, Ryan Eustice, dalam pernyataannya dilansir Reuters, Jumat (5/4/2018).

Pabrikan mobil lainnya, General Motors Co dan perusahaan teknologi Alphabet Waymo, berlomba dalam pengembangan mobil swakemudi untuk menghadirkan model terbaiknya ke pasar dunia.

Kendati demikian, keraguan terkait keamanan mobil swakemudi terus bermunculan terutama setelah kecelakaan fatal yang melibatkan kendaraan otonom Uber dengan seorang pejalan kaki di Arizona pada Maret lalu.

Setelah kecelakaan itu, Toyota menghentikan semua tes swakemudi di jalan umum California dan Michigan kemudian mengalihkannya pada uji tertutup. Seorang juru bicara Toyota Research Institute mengatakan penangguhan tes di jalan umum membuat pabrikan mobil segera memperbaiki dan meningkatkan teknologi kendaraannya.

"Kami akan melanjutkan pengujian di jalan umum dalam beberapa minggu, setelah ketiga sistem ini semakin rampung," kata juru bicara itu.