Rolls-Royce Rilis SUV Pertamanya

SUV Rolls/Royce Cullinan. (Istimewa)
16 Mei 2018 04:45 WIB Newswire Otomotif Share :

Solopos.com, NEW YORK - Rolls-Royce resmi memasuki pasar mobil sport utility vehicle (SUV) dengan meluncurkan Rolls-Royce Cullinan pada akhir pekan lalu. Mobil bongsor mewah itu dijual seharga 325.000 dolar Amerika Serikat.

Mengambil nama berlian terbesar di dunia saat ini, Rolls-Royce Cullinan akan bersaing dengan Lamborghini Urus yang dijual seharga 200.000 dolar AS dan Bentley Bentagya V8 yang dibanderol di angka 200.000 dolar AS.

Tokopedia

"Hingga saat ini dalam sejarah desain otomotif, SUV sudah memiliki desain yang homogen dan mudah ditemukan di mana-mana," kata Giles Taylor, direktur desain Rolls-Royce sebagaimana dilansir Bloomberg, Senin (15/5/2018).

"Label SUV kini bisa dipasang di semua mobil yang memiliki desain dua kotak. Kami memimpikan sebuah mobil yang otentik, dengan tiga kotak, yang bisa melibas semua medan, dengan bodi lebih tinggi - sebuah desain yang lebih menantang serta bisa memuaskan kebutuhan petualangan dari para pelanggan," beber Taylor.

Rolls-Royce Cullinan, selain mewah, memang dirancang untuk bisa digunakan di semua medan: mulai dari padang pasir, jalan bebatuan, medan bersalju, hingga melibas genangan air setinggi 53cm.

SUV anyar ini boleh dibilang berukuran raksasa. Tingginya 182cm, lebih tinggi 121cm dari pesaing terdekatnya, Bentley Bentagya V8. Bobotnya sekitar 2.659kg dan bentuknya lebih kotak, berbeda dari Bentagya atau Urus yang melengkung.

Grille depannya tegak, mengikuti desain Rolls-Royce Dawn yang ikonik. Lampu-lampunya yang sudah menggunakan teknologi LED, disisipkan di sudut-sudut mobil tajam.

Di sisi interior, Cullinan terasa sangat lega. Pada kabin kemudi, mobil itu dilengkapi dengan layar sentuh beresolusi tinggi yang sudah menggunakan teknologi night vision dan sistem peringatan untuk mencegah tabrakan.

Rolls-Royce Cullinan dipacu mesin twin-turbo V12 berkapasitas 6,75 liter, yang mampu menghasilkan 563 tenaga kuda. Mesin ini sama dengan yang dipasang pada Rolls-Royce Phantom. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 250km/jam.

Sumber : Suara