Jangan Asal Gaya! Ini Panduan Pilih Helm untuk Berkendara

Helm bogo (Pinterest)
03 Juni 2018 10:45 WIB Chelin Indra Sushmita Otomotif Share :

Solopos.com, SOLO – Helm adalah perlengkapan wajib yang harus dimiliki dan dipakai oleh para pengendara sepeda motor. Seiring berjalannya waktu, model helm terus mengalami perkembangan. Salah satu jenis pelindung kepala pengendara sepeda motor yang sedang naik daun adalah helm bogo.

Helm bogo memiliki model unik bergaya retro yang membuat penampilan pengendara semakin keren. Helm retro mempunyai karakteristik desain berbentuk bulatan dengan kaca hanya menutup bagian mata. Helm ini biasanya dicar dengan warna kalem seperti putih, cokelat atau krem.

Dikutip Solopos.com dari Telegraph, Sabtu (2/6/2018), ada beberapa helm retro tidak menggunakan kaca penutup wajah. Tapi, dari segi keamanan, helm retro terbaru dapat diandalkan karena menggunakan bahan berkualitas seperti plastik atom. Tali pengait dagunya pun cukup kuat dari berbagai benturan benda keras.

Helm bogo terbaru ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, yakni mulai Rp200.000. Meskipun murah, helm bogo memiliki standar aman yang lulus uji Standar Nasional Indonesia (SNI). Tapi, sebaiknya sebaiknya Anda memakai helm bogo yang dilengkapi dengan kaca.

Tak hanya sebagai hiasan, kaca yang ada pada helm berfungsi untuk melindungi bagian wajah, khususnya mata dari debu. Sebab, ada berbagai kotoran yang terbawa angin dan mengganggu pandangan. Selain itu, jangan lupa menutup wajah dengan masker untuk melindunginya dari sengatan matahari.

"Sebaiknya pengendara sepeda motor memakai helm full face untuk melindungi kepala. Tapi, banyak orang yang merasa tidak nyaman karena bobotnya yang lebih berat. Jadi, pilihlah helm yang nyaman, dengan catatan tetap memiliki kaca pelindung," kata Chris Sackett, Vice President Bell Helmets, Amerika Serikat.

Chris Sackett menyarankan seorang pengendara sepeda motor memilih helm yang pas sesuai dengan ukuran kepala. Sebab, memakai helm yang terlalu longgar tidak aman bagi pengendara. "Jangan asal gaya, pilihlah helm yang aman dan sesuai dengan ukuran kepala. Pastikan helm yang dipakai aman dan nyaman. Pilih helm berwarna terang agar terlihat oleh pengendara lain dari jarak jauh, khususnya di malam hari," sambung Chris Sackett.

Selain helm, seorang pengendara motor juga dianjurkan memakai jaket. Pilih jaket yang bertekstur tebal untuk melindungi tubuh jika terjatuh ke aspal. Salah satu model terbaik adalah jaket bomber. Kini, sejumlah jaket bomber terbaru dirancang dengan model kekinian yang keren.

Segala kebutuhan penunjang untuk berkendara ini bisa Anda temukan di situs jual beli online, Tokopedia. Anda dapat memilih helm dan jaket favorit yang ada di katalog Tokopedia dengan mudah. Segera pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Lengkapi semua kebutuhan berkendara, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.